PDAM bangun instalasi kawasan krisis air bersih

id pdam,air bersih,warga kekuarangan air,instalasi air bersih,berita palembang,berita sumsel,Kecamatan Lubukraja

PDAM bangun instalasi kawasan krisis air bersih

Arsip- Instalasi pengelolaan air PDAM. (Antarasumsel.com)

Baturaja (Antaranews Sumsel) - PDAM Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan membangun instalasi menambah jaringan sambungan pelanggan pada kawasan krisis air di wilayah itu guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat.

"Tahun ini kami akan mengembangkan jaringan dengan membangun instalasi di beberapa tempat yang krisis mendapatkan air bersih," kata Kabag Teknis Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Ogan Komering Ulu (OKU), Asril di Baturaja, Minggu.

Dia mengatakan, salah satu kawasan di OKU yang akan dibangun instalasi lengkap dengan jaringan PDAM yaitu di Kecamatan Lubukraja menggunakan dana miliaran rupiah bersumber dari APBN dan dana sering APBD OKU.

"Rencananya ada beberapa tempat yang akan kami buat jaringan PDAM baru. Untuk kesempatan kali ini, di Kecamatan Lubukraja dulu. Pembangunan rencananya akan dilakukan pada 2018 ini. Target 2019 instalasi PDAM di Lubuk Raja ini sudah beroperasi," kata dia.

Asril menambahkan, instalasi PDAM yang akan dibangun di Kecamatan Lubukraja itu, berdaya 60 liter per detik dan sumber airnya mengambil dari aliran Sungai Ogan di sekitar lokasi.

"Jadi di sana nanti akan dibangun instalasi lengkap mulai dari pengolahan air hingga sampai penyaluran air ke pelanggan," kata dia.

Disinggung mengapa memilih wilayah Lubukraja, dijelaskan Asril, di sana bisa dikatakan wilayah krisis air bersih karena di wilayah itu selama ini hanya memiliki sumber mata air sumur yang kualitasnya kurang baik.

"Sosialisasi terkait rencana pembangunan ini sudah dilakukan ke masyarakat setempat. Sambutan masyarakat juga cukup baik," katanya.

Lebih jauh Asril mengemukakan, terkait jumlah pelanggan PDAM OKU secara keseluruhan hingga saat ini mencapai 19 ribu pelanggan.

"Dengan adanya instalasi di Kecamatan Lubukraja ini nantinya diperkirakan jumlah pelanggan PDAM OKU akan lebih banyak lagi," ujarnya.
(T.KR-EDO/I006)