Benih ikan belido ditebar di Sungai Musi

id Dinas Kebudayaan, Kota Palembang, Sudirman Tegoeh, Benih ikan, belido, Sungai Musi

Ilustrasi- Penyebaran benih ikan (Antarasumsel.com/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Benih ikan belido nantinya akan ditebar di Sungai Musi bersamaan dengan peresmian Tugu Belido di pelataran Plaza Benteng Kuto Besak Palembang, akhir September mendatang.

"Nanti, pada saat peresmian Tugu Belido juga dilakukan penebaran benih ikan belido di Sungai Musi," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Sudirman Tegoeh, Kamis.

Menurut dia, sekarang ini Dinas Perikanan sedang mengumpulkan benih ikan belido itu, walaupun bukan dari Sungai Musi, tetapi dari tempat lain.

Benih ikan yang akan ditebar ini nantinya sudah lumayan besar umurnya 4-5 bulan, sehingga sudah tahan adaptasi di sungai, katanya.

Ia mengatakan, ke depan diharapkan Kota Palembang memiliki penangkaran sendiri, sehingga tidak tergantung dengan daerah lain seperti dari Mandiangin, Kalimantan yang sudah berhasil.

Sebenarnya Kota Palembang juga sudah ada penangkaran di Soak Bujang dan Pulokerto Gandus, tinggal tenaga ahilnya saja, ujarnya.

Ia menuturkan, terkait dengan tugu Belido itu sendiri dibangun pertama ikan belido adalah salah satu ikan asli Sungai Musi mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Ikan belido sebagai salah satu campuran makanan khas Palembang, pempek dan tekawan yang terkenal lezatnya.

Ikan belido ini hidup di air bersih, bebas dari polusi, pencemaran dan sampah rumah tangga.

Wali Kota Palembang juga mengajak supaya ikan-ikan melegenda itu dilestarikan, oleh karenanya masyarakat sudah dari mulai sekarang untuk menjaga kebersihan sungai, katanya.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar