Polres Ogan Komering Ulu tes kesehatan personel

id polsi, polres, Polres Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, tes kesehatan jasmani seluruh personel Polres OKU, menjaga kebugaran para anggota

Polres Ogan Komering Ulu tes kesehatan personel

Ilustrasi-Polisi. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15/Den)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Polres Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan menggelar tes kesehatan jasmani seluruh personel Polres OKU, sebagai upaya untuk menjaga kebugaran para anggota.

Tes Kesamaptaan ini dipimpin Kabag Sumber Daya (Sumda) Polres Ogan Komering Ulu (OKU), Kompol Susianto di Baturaja, Senin.

Kapolres OKU, AKBP Leo Andi Gunawan melalui Bagian Humas Polres, Aiptu I Wayan Sudana mengatakan dalam tes tersebut diikuti seluruh personel Polres mulai dari perwira menengah hingga bintara.

"Tes ini untuk menjaga kebugaran serta menjaga fisik personel Polres OKU dalam menjalankan tugasnya di lapangan dan melayani masyarakat. Kita laksanakan dua kali dalam setahun, dan sekarang ini merupakan tahap kedua," kata Wayan.

Tes kesamaptaan tersebut, lanjut Wayan, terdiri atas lari, push up, dan sit up. Lari dilakukan di sekitar Mapolres OKU hingga beberapa putaran.

Dikatakannya, dalam melaksanakan tugas, Polri dituntut memiliki fisik yang kuat serta jiwa sehat.

"Setiap tahun kita melaksanakan kegiatan yang menunjang hal tersebut. Jika salah, maka akan berdampak luas. Contohnya untuk pemegang senjata api, jiwanya harus sehat, makanya digelar tes psikologi," katanya.

Menurut dia, dari tes tersebut akan ketahuan apakah layak atau tidak personel itu untuk memegang senjata api, termasuk kesehatan fisik juga harus tetap terjaga.

Selain tes Kesamaptaan dan tes psikologi, untuk mengetahui kondisi kesehatan personelnya dua kali dalam setahun dilakukan pemeriksaan kesehatan supaya mengetahui riwayat penyakit diderita personel.

"Pemeriksaan kesehatan biasanya dilakukan oleh Polda Sumatera Selatan yang bekerja sama dengan Dokkes Polres OKU," kata Wayan menambahkan.