BP3M Musi Banyuasin perjuangkan SIUP terbit sehari

id BP3M, BP3M musi banyuasin, siup, surat izin usaha, kepala bp3m muba, Amril Nurman

BP3M Musi Banyuasin perjuangkan SIUP terbit sehari

Kepala Badan Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal (BP3M) Musi Banyuasin Amril Nurman (kanan). (Foto Antarasumsel.com/14/Humas Muba)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Badan Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal (BP3M) Musi Banyuasin berupaya memperjuangkan penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan dan Tanda Daftar Perusahaan dalam waktu satu hari sesuai standar operasional prosedur.

"Hingga 2016 ini belum bisa menerbitkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dalam waktu satu hari karena terkendala persyaratan harus ada rekomendasi dari instansi lain, untuk itu sedang diperjuangkan perubahan dan penyederhanaan prosedur," kata Kepala Badan Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal (BP3M) Musi Banyuasin Amril Nurman, di Sekayu, Rabu.

Menurut dia, saat ini pihaknya terus berupaya mengatasi kendala dan memperbaiki kinerja badan yang dipimpinnya serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan perizinan untuk menjalankan berbagai kegiatan usaha dan perdagangan.

"Kami BP3M adalah pintu gerbang dalam pembuatan perizinan terkait kegiatan usaha dan perdagangan, namun pelayanan belum bisa dijalankan sesuai dengan ketentuan atau Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diharapkan masyarakat," ujarnya.

Dia menjelaskan, sesuai SOP penerbitan SIUP dan TDP bisa dilakukan dalam satu hari, namun untuk mengeluarkan perizinan itu tidak bisa dilakukan oleh BP3M saja karena sesuai aturan bisa diterbitkan setelah ada rekomendasi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Musi Banyuasin.

Sedangkan dinas tersebut tidak bisa mengeluarkan rekomendasi layak tidaknya diberikan SIUP dan TDP dalam waktu satu hari kerja, karena petugas harus melakukan pengecekan terlebih dahulu ke lapangan mengenai tempat dan kegiatan usaha yang diajukan permohonan izinnya.

Untuk memberikan pelayanan yang cepat dan lebih baik kepada masyarakat serta menarik pelaku usaha menanamkan modalnya di Bumi Serasan Sekate ini, pihaknya tahun ini berupaya memperjuangkan perubahan SOP secara maksimal, kata dia pula.