Warga Kampung Arab Palembang shalat gerhana

id shalat gerhana, shalat, gerhana matahri, gerhana matahari total, gmt palembang

Warga Kampung Arab Palembang shalat gerhana

Warga menyaksikan gerhana matahari total di atas Jembatan Ampera Palembang, Sumsel, Rabu (9/3). (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/16/den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Ratusan warga Kampung Al Munawar atau kerap disebut "kampung arab" di Kelurahan 13 Ulu Palembang, Sumatera Selatan, menggelar shalat gerhana pada Rabu pagi.

Shalat yang dilaksanakan pukul 07.20 WIB itu juga dihadiri para tetua adat dan perwakilan ulama dari berbagai masjid dan di Kecamatan Seberang Ulu I dan Seberang Ulu II.

"Warga telah menyiapkannya sejak kemarin dan hari ini banyak diikuti warga, bukan hanya warga kampung Arab tapi banyak juga dari luar," kata Ketua RT Kampung Arab Muhammad Ak.

Momen Gerhana Matahari Total ini disambut antusias warga Al Munawar dengan juga menampilkan kesenian khas Arak, musik gambus.

Tampak muda-mudi dan para tetua kampung berbaur menyuarakan puji-pujian dalam balutan musik Arab.

"Saat warga bersiap menyambut kunjungan wisatawan yang diperkirakan mulai ramai setelah Jembatan Ampera dibuka pukul 10.00 WIB," kata Muhammad.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Irene Camalyn menambahkan, diperkirakan terdapat delapan ribu wisatawan lokal dan luar negeri yang memandati Kota Palembang untuk memanfaatkan momen GMT ini.

Wisatawan itu berasal dari 12 negera, seperti Inggris, Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Australia, Jepang, Tiongkok, Prancis, dan lainnya.

"Khusus untuk kawasan pinggiran Sungai Musi, terdapat beberapa titik yang dijadikan tempat pemantauan GMT seperti Kampung Al Munawar, Kampung Kapitan, Benteng Kuto Besak, dan pelataran Pasar 16 Ilir," kata Irene.

GMT yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 diperkirakan akan melewati sejumlah kota besar di Tanah Air yakni Muko-muko (Bengkulu), Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Palu dan Ternate.

GMT ini diperkirakan akan kembali terpantau dari Indonesia pada 350 tahun mendatang.

Kota Palembang tidak mau menyia-yiakan kesempatan ini dengan merencanakan sejumlah kegiatan sekaligus untuk mempromosikan Asian Games ke-18 tahun 2018.

Salah satunya dengan menggelar festival GMT sejak 8-9 Maret, dan puncaknya menutup Jembatan Ampera sejak pukul 03.00 - 10.00 WIB untuk memaksimalkan momen ini.