Kasdam Sriwijaya tinjau uji coba alutsista Yon Armed

id alutsista, kasdam Brigjen TNI Toto S. Moerasad

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Toto S. Moerasad meninjau uji coba alat utama sistem pertahanan (Alutsista) Batalyon Amred Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, Rabu.

Kasdam Toto di dampingi Danpuslatpur Kolonel Inf Ganip, Danrindam Kolonel Inf Joko Purwo Putranto, dan Kapaldam II/Swj Kolonel Cpl Mohamad Firman.

Alutsista yang diuji cobakan dalam latihan menembak di daerah latihan militer Martapura tersebut, meliputi Meriam Gunung kaliber 76,20 milimeter buatan Yugoslavia, Kanon 75 mm AMX-13 buatan Prancis, Kanon Kal 76 mm Saladin buatan Inggris, GPMG MAG 58 buatan Belgia, dan CIS 40 AGL buatan Singapura.

Alutsista Yonkav 5/Serbu yang diuj icobakan meliputi kendaraan lapis baja Panser Kanon 6 X, Saladin MK II Standart, Panser Anoa, Tank AMX-13 105 mm, Panser APS, Tank AMX-13 APC, dan Panser APS.

Ia mengatakan latihan itu, bagian dari program kerja Kodam II/Sriwijaya untuk memelihara dan meningkatkan kualitas profesionalisme prajurit.

Ia mengatakan seluruh pelatih dan prajurit yang sedang melakukan latihan menembak senjata berat agar benar-benar memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan serta melakukan latihan dengan sungguh-sungguh sesuai prosedur.

Dia mengatakan latihan merupakan kebutuhan hakiki prajurit profesional karena prajurit yang dilatih dan terlatihlah yang mampu melaksanakan tugasnya dengan maksimal.

Demikian juga keberadaan alutsista yang canggih dan modern, katanya, harus diawaki prajurit yang profesional.

Oleh sebab itu, ia berpesan agar prajurit jangan pernah bosan dan malas untuk berlatih karena hal itu yang akan mengantarkan anggota menjadi professional dan berhasil dalam setiap tugas.

Ketika melakukan peninjauan latihan, ia berkesempatan melakukan uji coba tembakan meriam 76,20 mm dan tembakan dari kendaraan taktis panser jenis Saladin Kanon kaliber 76 mm dengan berhasil.

Dalam kunjungan tersebut, Kasdam II/Swj juga berkesempatan melakukan peninjauan terhadap pembangunan barak dan rumah ban yang ada di Dodiklatpur Rindam II/Sriwijaya, Baturaja.