Novel yang nyaris terlupakan sabet penghargaan Book of the Year

id Book of the Year stoner, buku stoner Book of the Year

Novel yang nyaris terlupakan sabet penghargaan Book of the Year

'Stoner' buku fiksi dari era 1965 karya mendiang John Williams (Istimewa)

.....pujian dari sejumlah tokoh ternama seperti aktor kawakan Tom Hanks dan penulis Ian McEwan....
(ANTARA Sumsel) - Sebuah novel yang hampir terlupakan karya penulis Amerika Serikat yang diterbitkan hampir 50 tahun silam sukses menyabet penghargaan Waterstones Book of the Year Award pada Selasa dan mendapatkan pujian dari sejumlah tokoh ternama seperti aktor kawakan Tom Hanks dan penulis Ian McEwan.

'Stoner' merupakan buku fiksi dari era 1965 karya mendiang John  Williams, dan berkisah tentang William Stoner, seorang sastrawan asal Missouri yang berusaha keras mempertahankan pernikahan dan kariernya. Buku tersebut hanya terjual sebanyak 2.000 kopi sebelum berhenti diterbitkan setahun kemudian.

Namun pada 2011 'Stoner' versi bahasa Prancis karya penulis novel Anna Gavalda membuat novel tersebut menjadi buku terlaris di Prancis dan Belanda, sehingga kemudian menjadi sorotan dunia internasional.

'Stoner' dikatakan sebagai "novel yang sempurna" oleh New York Times dan "sebagai salah satu hal paling mengagumkan yang pernah Anda temui" menurut Tom Hanks. Novel tersebut juga sukses menduduki posisi pertama di daftar buku Amazon periode Juli 2013.