Kegiatan pariwisata tingkatkan perekonomian masyarakat

id Sapta Nirwandar

Kegiatan pariwisata tingkatkan perekonomian masyarakat

WamenParekraf Sapta Nirwandar (kanan) didampingi Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (kiri) meninjau sekaligus mencicipi Pempek kapal selam raksasa dan pempek yang disusun menyerupai jembatan Ampera pada malam pembukaan Festival Sriwijaya, Rabu (3

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kegiatan pariwisata sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, karena usaha kecil dan menengah semakin berkembang, kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar.

Saat membuka Festival Sriwijaya ke-21 di pelataran Benteng Kuto Besak Palembang, Rabu malam mengatakan, dengan adanya kegiatan pariwisata maka makanan khas dan cendera mata juga akan semakin diminati pengunjung.

Selain itu dengan adanya kegiatan pariwisata maka pertumbuhan ekonomi akan semakin membaik karena penerbangan akan semakin ramai.

Begitu juga hunian hotel akan meningkat sehingga kegiatan pariwisata sangat bermanfaat bagi pengembangan perekonomian masyarakat di suatu daerah.

Oleh karena itu Festival Sriwijaya yang digelar setiap tahun tersebut harus rutin dilaksanakan karena sangat bermanfaat bagi perekonomian masyarakat.

Sementara Sumsel sendiri dalam meningkatkan perkembangan pariwisata setiap tahun rutin melaksanakan kegiatan berskala nasional dan internsional seperti SEA Games.

Yang jelas, Sumsel rutin menggelar kegiatan olahraga sekaligus mempromosikan daerah ke seluruh lapisan masyarakat, katanya.

Begitu juga pagelaran budaya bertujuan untuk mempromosikan budaya lokal kepada seluruh lapisan masyarakat.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, perkembangan pariwisata di provinsi tersebut terus meningkat.

Kesemuanya itu karena Sumsel rutin melaksanakan kegiatan nasional dan internasional sehingga tamu dari mancanegara banyak berkunjung ke daerah ini.

Dalam acara pembukaan Festival Sriwijaya itu juga ditampilkan Pempek Raksasa sepanjang lima meter berbentuk jembatan Ampera yang disusun dari 10 ribu makanan khas tersebut.