Kemenparekraf dukung Sumsel lanjutkan Musi Triboatton

id Wamenparekraf, sapta nirwandar, Musi Triboatton

Kemenparekraf dukung Sumsel lanjutkan Musi Triboatton

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar (kiri) didampingi pejabat Pemprov Sumatera Selatan. (Foto Antarasumsel.com/13/Yudi Abdullah)

....Kegiatan olahraga wisata atau 'sport tourism' itu sangat baik dan perlu didukung untuk dijadikan kegiatan rutin....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung Dinas Pariwisata Sumatera Selatan untuk melanjutkan kegiatan olah raga wisata sungai bertaraf internasional yang dikemas dalam "Musi Triboatton II" yang rencananya digelar pada 16-22 November 2013.

"Kegiatan olah raga wisata atau 'sport tourism' itu sangat baik dan perlu didukung untuk dijadikan kegiatan rutin karena berpotensi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar kepada wartawan di Palembang, Kamis.

Menurut Wamen, salah satu bentuk dukungan pihaknya untuk menjadikan "Musi Triboatton" sebagai kegiatan rutin dengan mengalokasikan dana setiap tahunnya.

Untuk mendukung kegiatan tersebut pada tahun 2013 ini disiapkan dana sebesar Rp3,5 miliar, katanya.

Dijelaskannya, kegiatan tersebut merupakan hasil inovasi asli masyarakat Sumatera Selatan yang sangat bagus dijaga kelangsungan pelaksanaannya sehingga masuk dalam kalender kegiatan olah raga dan pariwisata internasional.    

Dalam pelaksanaan "Musi Triboatton II", selain diikuti atlet terbaik dari sejumlah provinsi di Tanah Air, seluruh peserta dari luar negeri yang sebelumnya berpartisipasi dalam kegiatan pertama pada 2012 memastikan kembali mengikuti tiga lomba olah raga dayung itu.

Peserta luar negeri yang akan ambil bagian dalam lomba tersebut sekitar 300 atlet dan ofisial dari 10 negara yakni Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Australia, Vietnam, New Zealand, Nepal, Kamboja, dan Myanmar.

Para peserta akan berlomba dengan menggunakan peraturan lomba dayung dan rafting internasional dengan melibatkan juri dan pengawas dari Persatuan Olah raga Dayung Seluruh Indonrsia (PODSI) serta organisasi olahraga dayung internasional.

Mengenai hadiah yang disiapkan untuk pemenang Musi Triboatton 2013 sekitar Rp300 juta lebih serta tropi dan medali, kata Wamenparekraf.  

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Selatan Toni Panggarbesi mengatakan, "Musi Triboatton" merupakan kegiatan bertaraf internasional yang memadukan pariwisata dengan olah raga dayung yakni rafting, canoeing, dan perahu tradisional dengan menyusuri Sungai Musi sejauh 500 km dalam empat etape.

Kegiatan tersebut menyusuri daerah aliran sungai atau lintasan berarus deras dan tenang di lima daerah Sumsel mulai dari hulu di Kabupaten Empat Lawang, Musirawas, Musi Banyuasin, Banyuasin, dan berakhir di hilir Kota Palembang, kata dia pula.