Kemenparekraf siapkan peluncuran Festival Danau Toba

id Sapta Nirwandar, Festival Danau Toba

Kemenparekraf siapkan peluncuran Festival Danau Toba

Festival Danau Toba (FOTO ANTARA)

Medan (ANTARA Sumsel) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyiapkan peluncuran "Festival Danau Toba" untuk mempopulerkan kegiatan budaya dan wisata di kawasan Danau Toba.

Usai menghadiri rapat paripurna DPRD Sumut dalam rangka peringatan HUT ke-65 Sumut di Medan, Senin, Bupati Samosir Mangindar Simbolon yang juga Ketua Panitia Festival Danau Toba mengatakan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sedang mencari waktu yang tepat untuk peluncuran tersebut.

"Paling lama Mei akan dilakukan," katanya.

Menurut Bupati, dalam peluncuran yang akan dilaksanakan di Jakarta itu, akan ditampilkan sejumlah pagelaran seni dan budaya yang terdapat sekitar Danau Toba.

Dengan peluncuran dan penampilan seni budaya tersebut, diharapkan kegiatan Festival Danau Toba yang akan diselenggarakan September 2013 itu lebih terpublikasi dan menarik perhatian wisatawan, baik dalam mau pun luar negeri.

Kemudian, untuk semakin memeriahkan peluncuran Festival Danau Toba tersebut, pihaknya akan mengundang sejumlah tokoh Sumut, termasuk yang berada di Jakarta.

Karena itu, pihaknya sedang mendata sejumlah tokoh yang dinilai cukup dikenal dan memiliki perhatian dalam kemajuan kepariwisataan di kawasan Danau Toba.

"Nanti akan ada pertemuan tokoh yang dipimpin langsung Wamen Kemenparekraf Sapta Nirwandar," katanya.

Bahkan, sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk kemajuan Danau Tba, Wamen Kemenparekraf Sapta Nirwandar juga ingin bertemu dan berdialog terlebih dulu dengan bupati dan wali kota di kawasan Danau Toba.

Melalui pertemuan itu, Wamen Kemenparekraf Sapta Nirwandar ingin mendengar langsung dan meminta komitmen bersama dalam membangun potensi wisata di sekitar kawasan Danau Toba, minimal untuk lima tahun mendatang.

Pihaknya menyampaikan apresiasi atas keseriusan Wamen Kemenparekraf Sapta Nirwandar untuk membangun potensi wisata di Danau Toba dan menyerahkan lokasi pertemuan itu kepada bupati dan wali kota di sekitar kawasan lokasi wisata andalan Sumut tersebut.

"Beliau (Wamen Kemenparekraf Sapta Nirwandar) juga demokratis, mau di Medan, Jakarta, Samosir, atau Parapat, beliau siap," kata Bupati Samosir.