Pelajar SD Muba masuk final OSK 2013

id pelajar, siswa, osk

Palembang (ANTARA Sumsel) - Seorang pelajar SD Negeri Bandar Agung, di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, berhasil masuk final Olimpiade Sains Kuark atau "OSK 2013".

"Alhamdulillah, tahun ini Refin salah satu pelajar kelas V SD Negeri Bandar Agung berhasil masuk final Olimpiade Sains Kuark (OSK)," kata Kabag Humas Pemkab Musi Banyuasin (Muba) Dicky Meiriando  di Palembang, Rabu.

Untuk memberikan kesempatan pelajar tersebut melaju ke final OSK menunjukkan kemampuannya di hadapan finalis dari seluruh Indonesia  yang akan digelar di Jakarta pada 29 Juni 2013, Pemkab Muba melalui Dinas Pendidikan akan memfasilitisasi dan memberi dukungan secara maksimal

Pelajar utusan daerah ini diharapkan mampu mengukir prestasi pada OSK tersebut, sehingga dapat memotivasi dan menumbuhkan kecintaan pelajar lainnya untuk menekuni dunia sains serta meningkatkan kemampuan diri guna  mengikuti lomba-lomba lainnya yang berskala nasional bahkan internasional, katanya.

Dijelaskannya, keberhasilan pelajar SD tersebut masuk final ajang bergensi tingkat nasional itu berkat bimbingan anggota tim Indonesia Mengajar yang bertugas di kabupaten ini sejak setahun terakhir.

Keberadaan tim Indonesia Mengajar di daerah ini memberi pengaruh yang besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap sains, katanya.

Menurutnya, program Indonesia Mengajar yang telah berakhir pada pertengahan Juni 2013, diharapkan ke depan bisa dilanjutkan kembali oleh pemerintah pusat karena terbukti berpengaruh positif bagi percepatan peningkatan kualitas penddikan di daerah pinggiran.

Selain itu, Pemkab Muba juga akan berupaya melanjutkan program sekolah gratis yang diterapkan selama ini dan meningkatkan kualitasnya sehingga bisa lebih baik serta mampu mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi, kata dia.