Indonesia harus tetap siaga rebut emas

id rita subowo, sea games, siaga, palembang

Indonesia harus tetap siaga rebut emas

Ketua Umum KOI/KONI Pusat, Rita Soebowo, meminta semua pihak untuk tetap siaga dan fokus dalam perebutan medali emas menjelang berakhirnya SEA Games XXVI. (FOTO ANTARA)

Palembang, (ANTARA News) - Ketua Umum KOI/KONI Pusat, Rita Soebowo, meminta semua pihak untuk tetap siaga dan fokus dalam perebutan medali emas menjelang berakhir SEA Games XXVI di Palembang dan Jakarta, 22 November nanti.

"Semua harus tetap siaga dan semangat dalam merebut prestasi tertinggi, SEA Games belum berakhir dan harus tetap fokus," kata Rita di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, hasil sementara perolehan medali Indonesia telah sesuai dengan jalur.

"Kondisi terakhir medali yang didapatkan memang bisa membawa Indonesia menjadi juara umum. Indonesia telah melewati jumlah 130 medali emas, saya berharap tidak terjadi apa-apa pada hari-hari terakhir ini," kata dia.

Dia pun mengharapkan dukungan dari masyarakat kepada atlet yang sedang berjuang untuk tetap diberikan.

"Kita tunggu saja, SEA Games hampir berakhir, dan pada hari Selasa (22/11) nanti sudah penutupan. Kita doakan saja semoga target menjadi juara umum benar-benar tercapai," kata dia lagi.

Dia menambahkan, persiapan atlet telah dilakukan lebih awal dibandingkan SEA Games sebelumnya untuk pelaksanaan kali ini.

"Memang atlet telah disiapkan lebih awal dengan segala keterbatasan yang ada. Meskipun demikian, pemerintah telah mengalokasikan bonus bagi atlet yang berhasil meraih medali pada SEA Games kali ini," ujar Rita.

Ia pun berharap dukungan pemerintah itu terus berlanjut hingga SEA Games usai.

"Masih banyak ajang olahraga taraf internasional ke depan, seperti Asian Games, Olimpiade, dan lainnya. Saya harap dukungan pemerintah tidak terhenti sampai di sini, dan bagi atlet harus terus berlatih untuk mencapai prestasi pada jenjang yang lebih tinggi lagi," kata dia.

Saat ini, Indonesia masih memimpin perolehan medali dengan 134 emas, 106 perak, dan 94 perunggu, disusul Thailand (79 emas, 72 perak, 88 perunggu), serta Vietnam (74 emas, 71 perak, 73 perunggu). (ANT-dl)