Peninjauan sukseskan program bebas penyakit kaki gajah

id kaki gajah, penyakit kaki gajah, program bebas kaki gajah

Peninjauan sukseskan program bebas penyakit kaki gajah

Ilustrasi-Dua warga Musirawas menderita penyakit kaki gajah (FOTO ANTARA)

Baturaja (ANTAR Sumsel) - Pemerintah Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menyukseskan program Indonesia bebas penyakit kaki gajah dengan memberikan obat pencegahan secara gratis kepada masyarakat.

"Program tersebut bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat dengan membagikan obat pencegah massal penyakit kaki gajah (filariasis) secara gratis kepada seluruh masyarakat Kecamatan Peninjauan," kata Camat Peninjauan, Feri Iswan saat memonitoring program pemberian obat pencegahan penyakit kaki gajah tersebut, Selasa.

Program pemberian obat pencegahan penyakit kaki gajah pada bulan eliminasi kaki gajah tahap II digelar serentak dibulan Oktober 2016.

Ia menjelaskan, monitoring yang dilakukan beserta perangkatnya memastikan semua penduduk mulai dari usia tiga tahun hingga 70 tahun mendapatkan pelayanan obat secara gratis oleh petugas di lapangan.

"Tetapi pemberian obat ini tidak berlaku bagi anak di bawah umur dua tahun dan ibu hamil, serta penduduk yang mengalami gangguan jantung, darah tinggi, epilepsi dan penyakit kronis lainnya," kata dia.

Ia berharap petugas harus jemput bola mendatangi rumah-rumah warga yang belum terlayani.

Hal itu membutuhkan peran aktif dari semua pihak agar tujuan Indonesia bebas dari penyakit kaki gajah dapat terwujud.

"Kegiatan massal ini merupakan program nasional yang telah berjalan sejak dua tahun berturut-turut terhitung tahun 2015 dan 2016," katanya.

Menurut dia, pemberian obat pencegah massal penyakit kaki gajah ini merupakan upaya memutuskan mata rantai penularannya.

Kaki gajah ini merupakan penyakit menular menahun yang disebabkan oleh cacing filaria dan ditularkan melalui nyamuk.

Ia menambahkan, sajuh ini dari data diterima belum ada penderita kaki gajah di Kecamatan Peninjauan dan Kabupaten Ogan Komering Ulu umumnya.