Menteri Agraria serahkan 32.380 sertifikat Prona Sumsel

id menteri agraria, ferry mursyidan, ptona, sertifikat tanah, serahkan sertifikat tanah

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan menyerahkan secara simbolis 32.380 sertifikat tanah Prona kepada masyarakat Provinsi Sumatera Selatan.
Penyerahan sertifikat tanah Prona itu dilakukan secara simbolis kepada sejumlah masyarakat dalam suatu acara di Kantor BPN Sumsel di Palembang, Sabtu, disaksikan Gubernur Alex Noerdin.
Menteri Ferry pada acara tersebut mengatakan pihaknya berupaya memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengurus legalitas atas kepemilikan tanah yang dimanfaatkan untuk tempat tinggal dan lahan pertanian/perkebunan.
Dengan memiliki legalitas berupa sertifikat hak milik atau hak guna usaha atas tanah/lahan, masyarakat dapat dengan tenang dan nyaman memanfaatkannya.
Selain itu, dengan memiliki sertifikat masyarakat di samping kuat secara hukum juga dapat dijadikan jaminan untuk meminjam uang di bank.
"Jika ingin melakukan renovasi rumah atau mengembangkan usaha pertanian/perkebunan, pihak perbankan akan memberikan dukungan dana dengan jaminan tanah yang telah bersertifikat," ujarnya.
Kepala Kantor BPN Sumsel Arif Pasya mengatakan pihaknya melalui kantor pelayanan yang tersebar di 17 kabupaten/kota di provinsi itu berupaya membantu masyarakat mengurus legalitas kepemilikan tanahnya.
Masyarakat diimbau untuk tidak ragu-ragu mengajukan permohonan pembuatan sertifikat tanah jika lahan yang dikuasai benar-benar memiliki bukti kepemilikan yang kuat serta tidak dalam sengketa dengan pihak manapun.
"Tanah yang telah bersertifikat bisa memberikan banyak manfaat, selain ketenangan dan kenyamanan dari gugatan pihak manapun juga bisa dijadikan jaminan ke bank," ujar Arif.