Pemkab Muba optimalkan kelompok kerja minapolitan

id minapolitan, sekda muba, muba, musi banyuasin, mina politan, politan

...Untuk mengoptimalkan tim kelompok kerja minapolitan, perlu dilakukan rapat koordinasi secara intensif...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berupaya mengoptimalkan tim kelompok kerja minapolitan untuk memanfaatkan potensi perikanan daerah itu secara maksimal.

"Untuk mengoptimalkan tim kelompok kerja minapolitan, perlu dilakukan rapat koordinasi secara intensif," kata Sekretaris Daerah Musi Banyuasin Sohan Majid seusai membuka Rapat Tim Kelompok Kerja Minapolitan Kabupaten Muba 2015, di Aula Gedung Kantor Dinas Perikanan kabupaten setempat di Sekayu, Selasa.

Menurut dia, melalui rapat koordinasi diharapkan dapat dihasilkan keputusan bersama sebagai pedoman kerja pemanfaatan potensi perikanan di kabupaten itu yang belum digarap dengan maksimal.

"Kegiatan minapolitan tidak bisa dilaksanakan oleh Dinas Perikanan saja, karena banyak sektor yang harus dikerjakan dan dikembangkan, sehingga dibutuhkan kerja sama dengan dinas dan instansi terkait," ujarnya.

Dengan adanya rapat tersebut, diharapkan dapat menyikapi pemikiran-pemikiran yang terbaik untuk kemajuan bersama dan membuahkan hasil sebagai keputusan bersama yang harus dilaksanakan, sehingga dapat lebih terintegrasi lagi.

Pada kesempatan itu, pihaknya mengapresiasi kemajuan yang telah dicapai oleh Tim Kelompok Kerja Minapolitan kabupaten tersebut.

"Saya merasa senang dan bangga kepada tim minapolitan atas kemajuan dan peningkatan perekonomian rakyat di bidang perikanan seperti Kecamatan Sekayu, Sungai Lilin dan Lais yang telah mengalami peningkatan penghasilan ikan," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perikanan setempat, Muzakir menambahkan bahwa rapat yang digelar tahun ini merupakan rapat ke tiga, rapat pertama kali dilaksanakan pada 2013 dan kegiatan itu dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Muba SK N0.1366 tahun 2012 tentang ketetapan tim kelompok pengembangan kawasan minapolitan di Kabupaten Muba.

Jumlah tim kerja ini sebanyak 16 orang yang dibagi dalam empat kelompok bidang yakni bidang perencanaan, pemberdayaan, pengembangan sarana dan prasarana, serta bidang pengembangan sumberdaya.

Tujuan dilaksanakan kegiatan tim minapolitan ini adalah untuk mendapatkan dan mengumpulkan informasi kegiatan-kegiatan sub sektor lain dalam bentuk pengembangan kawasan minapolitan Kabupaten Musi Banyuasin, ujar Muzakir.