Sumsel siapkan 46 atlet ke Popnas 2015

id sumatera selatan, sumsel, atlet, popnas, pekan olahraga pelajar nasional

Sumsel siapkan 46 atlet ke Popnas 2015

Ilustrasi - Atlet (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan 46 atlet yang bersekolah di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya, Palembang, untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional di Jawa Barat, September 2015.

Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SONS Raden Den di Palembang, Kamis, mengatakan ke-46 atlet ini dilatih dalam pemusatan latihan sejak tiga bulan lalu.

"Selama Ramadhan, atlet tetap berlatih meski porsinya agak dikurangi. Mereka harus tetap berlatih supaya kondisinya tidak benar-benar turun, jika sudah turun maka sulit untuk dikembalikan, padahal kejuaraan tinggal dua bulan lagi," kata dia.

Ia mengemukakan, pada ajang multi cabang olahraga antarpelajar se-Indonesia ini, Sumsel berencana mengikuti 10 cabang olahraga dari total 16 cabang yang dipertandingkan. 

Sumsel hanya tidak mengikutsertakan atlet pada tinju, gulat, dan bulutangkis.

"Persoalannya, karena atletnya tidak ada yang bersekolah di SONS. Nanti ke depan, ketiga cabang olahraga ini akan diadakan di SONS dengan mencetak sedari sekolah SMP," kata dia.

Terkait target pada ajang tersebut, ia mengemukakan, Sumsel tidak mematok tinggi yakni hanya menembus 10 besar.

Hal ini karena tingkat persaingan antarpelajar relatif ketat karena pada umumnya provinsi di Jawa yang bakal mendominasi.

"Meski begitu, Sumsel masih diperhitungkan terutama untuk nomor beladiri seperti pencak silat, karate, dan permainan tim," kata dia.

SONS telah banyak menelurkan atlet yang mampu menuai prestasi di kejuaraan internasional, di antaranya Rio Maholtra, atlet atletik yang memperkuat Indonesia pada SEA Games 2015. 

Kemudian, Deni Arisani, peraih emas ASEAN University Games 2014 di cabang silat dan medali perunggu SEA Games 2015.