Satgas lebaran Pertamina penuhi layanan arus mudik

id pertamina, satgas pertamina

Palembang (ANTARA Sumsel) - Satuan Tugas lebaran Pertamina Marketing Operation Region II Sumbagsel (Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Jambi dan Bangka Belitung) penuhi layanan arus mudik dan balik dengan terpenuhinya kebutuhan bahan bakar minyak.

Konsumsi rata-rata premium di wilayah Sumbagsel pada tujuh hari sebelum (H-7) dan tujuh hari setelah lebaran (H+7) yakni 21 Juli 2014 sampai 4 Agustus 2014 meningkat sekitar 5,5 persen dari rata-rata konsumsi normal, kata Senior Supervisor External Relations PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II, Alicia Irzanova di Palembang, Rabu.

Menurut dia, seperti tren tahun-tahun sebelumnya, rata-rata solar Sumbagsel pada tujuh hari sebelum dan tujuh hari setelah lebaran turun sebesar 37 persen dari rata-rata konsumsi normal.

Sedangkan konsumsi premium tertinggi terjadi pada dua hari sebelum lebaran (H-2) yakni 26 Juli 2014 diperkirakan mencapai 11.076 KL (sekitar 45 persen) dan konsumsi terendah pada satu hari sebelum (H-1) yakni 27 Juli 2014, diperkirakan hanya mencapai 774 KL, katanya.

Ia mengatakan, khusus untuk Sumatera Selatan, konsumsi premium rata-rata H-7 sampai dengan H+7 meningkat 7,48 persen dari rata-rata normal 2.500 KL per hari menjadi rata-rata 2.687 KL per hari.

Sementara seperti tren setiap tahunnya, pada H-7 sd H+7 Idul Fitri, konsumsi solar turun, tahun ini penurunan tercatat 35,3 persen dari rata-rata normal 1.500 KL per hari menjadi rata-rata 970,5 KL per hari.

"Untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi premium menjelang dan setelah Idul Fitri 1435 H, kami sudah meningkatkan volume dan jadwal pengiriman BBM ke SPBU, sehingga konsumsi BBM dapat terpenuhi bahkan pada puncak arus mudik maupun arus balik," ujarnya.

Ia menuturkan, selama masa satgas, pihaknya menggunakan mobil tangki untuk seluruh terminal BBM sebanyak 386 unit dengan total kapasitas angkut 6.000 KL.

"Pada penyaluran normal, kami memiliki mobil tangki existing sebanyak 318 unit, di samping menambah jumlah mobil tangki, kami juga melakukan switches mobil tangki terutama pada H-7 sd H+7," paparnya.

Ia menyatakan, untuk melayani kebutuhan BBM di Sumbagsel, seluruh terminal BBM di Sumbagsel disiapkan 24 Jam.

Sementara, kebutuhan elpiji tabung isi 3 kilogram juga terpenuhi dengan baik di Sumatera Bagian Selatan, katanya.