Mudik gratis Pemprov Sumsel-BSB-PT KAI Palembang diberangkatkan 9 April 2024

id sumsel,palembang,mudik gratis,kai palembang

Mudik gratis Pemprov Sumsel-BSB-PT KAI Palembang diberangkatkan 9 April 2024

Ilustrasi - Sejumlah penumpang berada di dalam Kereta Api (KA) (ANTARA FOTO/SISWOWIDODO)

Palembang (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang dan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan serta Bank Sumsel Babel mengadakan program mudik gratis naik kereta api bagi masyarakat untuk keberangkatan, 9 April 2024, dalam menyambut masa Angkutan Lebaran.

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti di Palembang, Jumat, mengatakan program mudik gratis naik kereta itu untuk jalur Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau dan Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang.

"Dalam mengakomodir permintaan masyarakat dalam bertransportasi di mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H dan sebagai wujud sinergi antara PT KAI , Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Bank Sumsel Babel (BSB) menyelenggarakan mudik gratis menggunakan kereta api keberangkatan, 9 April 2024," katanya.

Ia menjelaskan program mudik gratis menggunakan kereta api akan diberangkatkan dari Stasiun Kertapati pada 9 April 2024, untuk kereta api ekspres Rajabasa pukul 08.30 WIB dan kereta api Bukit Serelo pukul 09.00 WIB.

Adapun cara registrasi untuk mengikuti program mudik gratis itu, yaitu calon pemudik terlebih dahulu menghubungi nomor WA petugas registrasi, yaitu WA. 0822-810-17791 (KA Bukit Serelo) dan WA 0822-803-19231 (KA Ekspres Rajabasa, aktivasi aplikasi Access by KAI dan BSB Mobile dalam ponsel pintar/smartphone.

Kemudian, satu nasabah BSB dapat registrasi maksimal 4 tiket orang untuk anggota keluarga dalam satu kartu keluarga. Akan tetapi, mereka juga dapat registrasi orang yang tidak tergabung satu kartu keluarga maksimal dua tiket.

Lalu, seorang melakukan registrasi wajib ikut dalam perjalanan, registrasi Mudik Gratis diakomodir selama ketersediaan tempat duduk masih tersedia dan akan berakhir pada tanggal 29 Maret 2024.

Dalam program mudik gratis itu tempat duduk yang tersedia di KA Bukit Serelo dan KA Ekspres Rajabasa masing-masing sebanyak 530 tempat duduk, sehingga secara total untuk mudik gratis menggunakan kereta api tanggal 9 April 2024 nanti ada 1060 tempat duduk.

"Hingga saat ini untuk KA Rajabasa Tujuan Kertapati- Tanjung Karang sudah ada 177 penumpang dan untuk KA Serelo tujuan Kertapati-Lubuklinggau sudah ada 206 penumpang yang mendaftar," jelasnya.

Selain itu, untuk masa angkutan lebaran Idul Fitri 1445 selama 22 hari, mulai dari tanggal 31 Maret hingga 21 April 2024, PT KAI Divre III Palembang mengoperasikan KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP), KA Ekspres Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang (PP) dan KA komersial Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP) dengan menyiapkan 52.228 tempat duduk.

Tiket telah dijual mulai dari 15 Februari 2024, hingga hari ini tiket lebaran sudah terjual sebanyak 43.786 atau 84 persen dari ketersediaan.

"Tiket KA ekonomi Bukit Serelo dan KA Ekspres Rajabasa masih menjadi pilihan masyarakat sehingga sudah habis terjual dari tanggal 31 Maret sampai dengan 20 April 2024, sedangkan untuk 9 April memang diakomodir untuk mudik gratis, sehingga masih tersedia. Untuk KA komersial Sindang Marga masih tersedia di tanggal- tanggal tertentu," kata Aida.