Kapolda Sumsel ajak personel berdedikasi penuh dalam pengamanan TPS

id Polda Sumsel,Polisi,TPS,Pemilu

Kapolda Sumsel ajak personel berdedikasi penuh dalam pengamanan TPS

Kapolda Sumsel Irjen Pol. Rachmat A Wibowo (ANTARA/ M IMAM PRAMANA)

Palembang (ANTARA) -
Kepala Polisi Daerah Sumatera Selatan Irjen Pol Rachmat Wibowo mengingatkan sebanyak 2.163 personel untuk menunjukkan dedikasi penuh dalam pengamanan tempat pemungutan suara (tps).

Kapolda Sumsel Irjen Pol Rachmat Wibowo di Palembang, Selasa mengatakan bahwa sebanyak 2.163 personel yang terdiri dari BKO Polda Sumsel 1.013 personel, BKO Brimob 649 personel dan prajurit TNI sebanyak 510 personel, yang terlibat dalam giat itu.
 
"Pada personel dan prajurit TNI ini kita sebar ke Polres dan Polrestabes jajaran Polda Sumsel, dalam upaya membantu pengamanan pelaksanaan pemilu di tps," ujarnya.
 
Ia menuturkan, bahwa ini merupakan kepercayaan yang diberikan oleh negara kepada Polri-TNI untuk mengamankan pelaksanaan pemilu.
 
"Jadi ini tanggung jawab yang sangat besar, sehingga harus kita lakukan dengan penuh dedikasi dan profesionalisme," katanya.
 
Ia menambahkan tugas yang diemban oleh personel sangat berat, dimana mereka bertanggung jawab untuk mengamankan tps di wilayah hukum Polda Sumsel.
 
Baik itu tahap pemungutan hingga penghitungan suara. "Kita imbau kepada para personel dan prajurit TNI yang akan bertugas untuk menjaga kondisi kesehatan dan ketahanan fisik, dalam menghadapi tugas di lapangan. Khususnya beberapa tps berada di daerah dengan kondisi medan yang berat," ungkapnya.
 
Sehingga dibutuhkan kesiapan yang matang, khususnya kedua hal tersebut dalam pengamanan di beberapa tps di wilayah hukum Polda Sumsel.
 
Ia juga mengingatkan personel untuk selalu mengikuti pedoman yang telah disusun, antara lain mengenali wilayah tugas, pengamanan logistik pemilu, ikuti buku petunjuk pam tps, serta melarang melakukan pencatatan atau dokumentasi perolehan suara.
 
Selain itu, Kapolda Sumsel menekankan pentingnya melakukan koordinasi dan menjaga keselamatan dan kesehatan selama melaksanakan pengamanan tps juga menjadi prioritas utama.
 
"Komitmen netralitas Polri dalam pemilu harus dipegang teguh. Kita harus bekerja sama dengan TNI dan Linmas, menjaga ketertiban dan keamanan, serta tetap berkomunikasi dengan baik," tegasnya.