Damkar Muara Enim antisipasi bencana saat Pemilu 2024

id Sumsel, damkar muara enim, siaga antisipasi, bencana pemilu

Damkar Muara Enim antisipasi bencana saat Pemilu 2024

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muara Enim siaga mengantisipasi kejadian bencana dan kedaruratan lain pada saat pelaksanaan Pemilu 2024. (ANTARA/HO.Diskominfo)

Muara Enim, Sumsel (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muara Enim siaga mengantisipasi kejadian bencana dan kedaruratan lain pada saat pelaksanaan Pemilu 2024.

Personel  Damkar Muara Enim menggelar kegiatan pembinaan aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan pada  Kamis lalu.

Staf Ahli Bupati Muara Enim Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik H Irawan Supmidi menyatakan kegiatan pelatihan  bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran dan bencana saat pemilihan umum tahun 2024.

Dalam sambutannya, H Irawan Supmidi menyampaikan bahwa setiap aparatur sipil negara dituntut untuk memiliki kinerja yang cakap, mampu, dan mahir untuk bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, termasuk petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan pembinaan ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan bekal pengetahuan dan kewaspadaan kepada petugas, khususnya dalam menghadapi pemilu tahun ini.

"Petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan harus memiliki kebanggaan akan profesi yang ditekuni, profesi yang menuntut profesionalisme dan kesungguhan, karena di dalam profesi ini terkandung misi sosial kemanusiaan untuk menyelamatkan jiwa raga serta harta benda milik masyarakat," kata Irawan.

Sementara itu Kepala Bidang Pemetakan Kebakaran, Zamhari Nawawai, menyampaikan bahwa momentum ini sangat tepat bagi pemadam kebakaran untuk menunjukkan peran penting dan teknis mereka dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat dan menciptakan rasa nyaman dan aman, terutama menjelang pemilu tahun 2024.

"Kita harus siap menghadapi berbagai kondisi yang dapat membahayakan manusia, tak hanya kejadian kebakaran, tetapi juga bencana alam lainnya. Pemadam kebakaran berperan penting dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu, terutama dalam menjaga keamanan dan keselamatan di dalam dan luar gedung KPU," ujar Zamhari.