Banjir masih genangi permukiman warga di Aceh Selatan

id Aceh,Banjir Aceh Selatan,Warga Terdampak Banjir,Pengungsi,BPBD Aceh Selatan,BPBA,berita sumsel, berita palembang

Banjir masih genangi permukiman warga di Aceh Selatan

Dokumentasi - Personel gabungan melakukan evakuasi warga terdampak banjir di Desa Cot Bayu, Kecamatan Trumon Tengah, Aceh Selatan, Minggu (19/11/2023). (ANTARA/HO-BPBD Aceh Selatan)

Banda Aceh (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA). menyebutkan banjir masih menggenangi pemukiman penduduk di sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan yang dipicu curah hujan intensitas tinggi sehingga menyebabkan 256 jiwa mengungsi.

"Kondisi terakhir air masih mengenangi pemukiman warga. Petugas juga masih melakukan pemantauan pendataan dan pelaporan di lokasi banjir," kata Kepala Pelaksana BPBA Ilyas melalui Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BPBA di Banda Aceh, Rabu.

BPBA melaporkan banjir mulai terjadi di Aceh Selatan pada Rabu (15/11). Dalam beberapa hari terakhir, banjir terus meluas yang dipicu curah hujan tinggi di kabupaten tetangga.

"Banjir akibat meluapnya Sungai Lee Soraya wilayah Sultan Daulat, Kota Subulussalam sehingga terjadi banjir kiriman ke wilayah Aceh Selatan, dengan ketinggian air 30-40 centimeter," ujarnya.

Data terakhir BPBA, ada 10 kecamatan yang terdampak banjir meliputi Kecamatan Trumon Timur sebanyak dua gampong, Trumon Tengah empat gampong, Trumon dua gampong, dan Sawang sebanyak tiga gampong.