Wapres Ma'ruf sebut tiga isu krusial perlu dihindari dalam Pemilu 2024

id demokrasi indonesia,Pemilu 2024,Pilpres 2024,wapres,Ma'ruf Amin,Habibi Democracy Forum,berita sumsel, berita palembang

Wapres Ma'ruf sebut tiga isu krusial perlu dihindari dalam Pemilu 2024

Wapres Ma’ruf Amin saat menyampaikan pidato dalam acara "Habibie Democracy Forum" yang diselenggarakan oleh The Habibie Center di Jakarta, Rabu (15/11/2023). (ANTARA/Yashinta Difa)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebut ada tiga isu krusial yang perlu dihindari selama penyelenggaraan Pemilu 2024, yaitu penyebaran hoaks, ujaran kebencian dan disinformasi seputar pemilu, serta politik identitas dan politik uang.

"Isu-isu itu akan menghambat proses peningkatan kualitas dan pendewasaan demokrasi di Indonesia," kata Ma’ruf Amin dalam acara "Habibie Democracy Forum" di Jakarta, Rabu.

Menjelang pemungutan suara Pemilu 2024, Ma'ruf menilai sangat wajar dan alamiah apabila temperatur politik akan menghangat.

"Sebagai dinamika demokrasi dan masih dalam koridor hukum, tentunya hal ini sah-sah saja. Perbedaan preferensi politik menjadi hal yang wajar, yang harus disikapi secara matang dan dewasa," tuturnya.

Oleh karena itu, dia mengajak semua pihak untuk bekerja sama menyukseskan Pemilu 2024.