Gunung Ibu erupsi setinggi 1,5 kilometer ke arah timur laut

id pvmbg,gunung ibu,gunung ibu erupsi,gunung api,gunung meletus

Gunung Ibu erupsi setinggi 1,5 kilometer ke arah timur laut

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekam aktivitas erupsi setinggi 1,5 kilometer yang keluar dari kawah Gunung Ibu di Maluku Utara, Senin (25/9/2023). ANTARA/HO-PVMBG

Jakarta (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengungkapkan kejadian erupsi berupa lontaran abu setinggi lebih kurang 1,5 kilometer yang keluar dari kawah Gunung Ibu di Maluku Utara.

Petugas Pos Pemantauan Gunung Ibu, Ahmad Basuki dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, menyampaikan erupsi itu terjadi pukul 07.12 WIT dengan kolom abu tebal berwarna kelabu mengarah ke timur laut.

"Erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasi lebih kurang 1 menit 36 detik," ujarnya.

Ahmad menuturkan ancaman bahaya erupsi masih jauh dari lokasi pemukiman penduduk yang berjarak enam sampai tujuh kilometer dari kawah gunung api tersebut.

Gunung Ibu berstatus waspada atau level II terhitung sejak 10 Desember 2013 hingga sekarang. PVMBG mencatat gunung api di barat laut Pulau Halmahera itu mengalami 33 kali erupsi sejak 1 Januari 2023 hingga 25 September 2023.