Tokoh Sumsel fasilitasi turnamen 'e-Sport' cetak atlet berprestasi

id Tokoh Sumsel, fasilitasi turnamen, 'e-Sport' , cetak bibit atlet, atlet berprestasi

Tokoh Sumsel fasilitasi turnamen 'e-Sport' cetak atlet berprestasi

Bibit atlet 'e-Sport' di Palembang juara Andi Asmara Cup 2023 (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

karena kurangnya fasilitas tempat pelatihan yang memadai dan kejuaraan berkelanjutan serta kurangnya pembinaan, e-Sport lambat berkembang
Palembang (ANTARA) - Tokoh Masyarakat Sumatera Selatan Andi Asmara memfasilitasi turnamen olahraga elektronik (e-Sport) 'Mobile Legends' di Kota Palembang rutin setiap bulan untuk mencetak bibit atlet berprestasi nasional bahkan internasional.

"Olahraga elektronik (e-Sport) dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan pesat, untuk itu perlu diimbangi dengan turnamen atau kegiatan yang dapat mencetak bibit atlet muda berprestasi," kata Tokoh Masyarakat Andi Asmara di Palembang, Rabu.

Menurut dia, untuk mencetak bibit atlet muda berbakat dan berprestasi di cabang olahraga 'e-Sport' yang tergolong baru, momentum peringatan Hari Olahraga Nasional September 2023 ini  diprogramkan kegiatan pembinaan dan turnamen lokal rutin setiap bulan.

"Setelah sukses penyelenggaraan e-Sport Mobile Legends Andi Asmara Cup 2023 pada bulan ini, saya menyiapkan program lanjutan pada Oktober hingga akhir 2023, kemudian dievaluasi untuk pengembangan turnamen pada tahun berikutnya," ujarnya.

Dia menjelaskan, 'e-Sport' merupakan jenis olahraga yang menggunakan peralatan elektronik seperti gawai (handphone) dan komputer/PC yang cukup populer akhir-akhir ini.

Tim e-Sport dari Ibu kota Sumsel ini dan daerah lain sering mengikuti pertandingan tingkat nasional dan internasional, namun karena kurangnya fasilitas tempat pelatihan yang memadai dan kejuaraan berkelanjutan serta kurangnya pembinaan,  tim tersebut lambat berkembang.

Untuk mengembangkan 'e-Sport' yang dipertandingkan dalam Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI di Palembang pada 1-7 Juli 2022 itu, perlu rutin digelar turnamen lokal sebagai wadah ajang kompetisi amatir untuk memunculkan atlet olahraga elektronik potensial.

"Sebagai penyemangat bagi  anak muda yang akan mengasah kemampuan dan mengukir prestasi di dunia e-Sport, saya menyediakan uang pembinaan jutaan rupiah  bagi yang tampil sebagai juara setiap turnamen bulanan," ujar tokoh masyarakat yang juga Bacaleg DPR RI Dapil I Sumsel wakil Perindo itu.