Polda Sumsel optimalkan patroli darat kawasan rawan karhutla

id Karhutla, polda sumsel, patroli, pengawasan lahan, pencegahan, kabut asap, asap

Polda Sumsel optimalkan patroli darat kawasan  rawan karhutla

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol.Supriadi. ANTARA/Yudi Abdullah/23.

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan meningkatkan patroli darat untuk memperketat pengawasan daerah rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menghadapi puncak musim kemarau 2023.

"Patroli perlu ditingkatkan sebagai tindakan pencegahan terjadinya karhula yang dapat mengganggu berbagai aktivitas dan kesehatan masyarakat, karena akhir-akhir ini titik panas (hotspot) terdeteksi meningkat dari 425 titik per Mei 2023 kini mencapai 700 titik lebih," kata Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol.Supriadi di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, kegiatan patroli difokuskan di daerah rawan karhutla seperti wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Banyuasin, dan Kabupaten Musi Banyuasin.

Dengan dilakukan pengawasan secara ketat di daerah rawan karhutla itu, diharapkan hal-hal yang berpotensi memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan baik disebabkan ulah manusia maupun faktor alam, dapat dicegah.

Antisipasi karhutla menjadi salah satu dari empat hal prioritas dalam pelaksanaan tugas personel Polda Sumsel bersama jajaran di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat.

"Dalam rapat analisa dan evaluasi (anev) Kapolda Sumsel Irjen Pol.A Rachmad Wibowo menekankan perhatian terhadap empat hal yang berkaitan dengan konflik sosial, antisipasi karhutla, aksi teror dan pelanggaran anggota Polri," ujarnya.