OKU Timur gelar gerakan pangan murah

id Gerakan pangan murah, barang kebutuhan pokok, agen distributor, Badan Pangan Nasional, Pemkab OKU Timur

OKU Timur gelar gerakan pangan murah

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah membuka gerakan pangan murah di di Desa Tanjung Mas, Kecamatan Buay Madang Timur, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan menggelar gerakan pangan murah untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat di daerah itu.

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah di Martapura, Selasa menjelaskan, program yang sama halnya dengan pasar murah ini digagas oleh Badan Pangan Nasional RI dalam rangka menstabilkan pasokan dan harga pangan menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah.

Dia menjelaskan, gerakan pangan murah dilaksanakan serentak di Indonesia meliputi di 342 titik di 301 kabupaten/kota.

"OKU Timur menjadi salah satu titik digelarnya gerakan pangan murah yang dibuka di Desa Tanjung Mas, Kecamatan Buay Madang Timur," jelasnya.

Program tersebut diluncurkan sebagai upaya pemerintah dalam menjaga inflasi pangan agar tetap stabil dan tidak melonjak di luar batas kewajaran.

Ia berharap melalui gerakan pangan murah dapat memperpendek rantai distribusi sehingga masyarakat bisa mendapat barang kebutuhan pokok dengan harga terbaik.

"Saya juga mengingatkan para agen dan distributor bahan pokok agar selalu menyeimbangkan antara harga dan pendapatan sehingga tidak merugikan masyarakat," ujarnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan OKU Timur Muhammad Yani menambahkan, dalam gerakan pangan murah pihaknya menggandeng Perum Bulog untuk menyediakan barang kebutuhan pokok guna dijual kepada masyarakat dengan harga terjangkau.

Adapun produk yang disediakan yaitu sembako meliputi 5 kilogram (Kg) beras, 1 Kg gula pasir, 1 Kg tepung terigu dan 1 liter minyak goreng yang dijual dengan harga Rp88.000 per paket.

"Untuk stok sembako yang kami sediakan dalam gerakan pangan murah ini cukup banyak yakni beras dan tepung sebanyak 5 ton. Sedangkan, untuk minyak goreng dan gula masing-masing 2 kwintal," kata dia.