PLN ajak masyarakat Baturaja bayar tagihan tepat waktu

id Tunggakan pelanggan, PLN Baturaja, jaringan listrik, pelanggan PLN

PLN ajak masyarakat Baturaja bayar tagihan tepat waktu

Kantor Unit Layanan Pelanggan PLN Baturaja, OKU. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - PLN Rayon Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, mengajak masyarakat di wilayah itu untuk membayar tagihan listrik tepat waktu dan disarankan memilih sambungan listrik prabayar agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

"Sesuai Standard Operating Procedure (SOP), jika pelanggan belum juga melakukan pembayaran pada tanggal 21 setiap bulannya, pada saat itu juga NCB nya akan disegel," kata Kepala Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Baturaja, OKU, Iswandi di Baturaja, Rabu.

Oleh sebab itu, untuk menghindari hal tersebut, ia mengingatkan agar pelanggan dapat membayar tagihan listrik tepat waktu.

"Kami juga menggencarkan sosialisasi kepada seluruh pelanggan PLN agar membayar tagihan listrik tepat waktu atau lebih baik beralih saja ke prabayar," ujarnya.

Tunggakan pelanggan PLN Rayon Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mencapai Rp4,5 miliar dari para pelanggan yang belum membayar tagihan listrik lebih dari dua bulan.

Ia menjelaskan bahwa tunggakan tersebut berasal dari 23 ribu pelanggan pascabayar.

Dia menjelaskan, secara keseluruhan total pelanggan PLN Baturaja sebanyak 103 ribu terdiri atas 40 ribu pelanggan prabayar dan 63 ribu pelanggan pascabayar.

Dari jumlah tersebut tercatat sebanyak 23 ribu pelanggan pascabayar menunggak tagihan listrik rata-rata lebih dari dua bulan terakhir.

Untuk pelanggan yang menunggak 2 sampai 3 bulan pihaknya memberikan tindakan tegas dengan mencabut meteran secara permanen untuk dialihkan ke prabayar.

Sejauh ini, kata dia, sekitar 500 pelanggan rumah tangga yang menunggak diberikan tindakan tegas dengan dicabut meteran listriknya secara permanen guna memberikan efek jera sehingga negara tidak merugi.

 

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022