Jamin keamanan belajar, Pemkot Palembang uji kelayakan gedung sekolah

id Pemkot Palembang, uji kelayakan gedung sekolah, cegah gedung sekolah roboh, antisipasi gedung sekolah roboh, roboh, ambr,sekolah,gedung sekolah,berita

Jamin keamanan belajar, Pemkot Palembang uji kelayakan gedung sekolah

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda. (ANTARA/Yudi Abdullah)

Uji kelayakan itu diawali atau dilakukan di 200 bangunan SD dan 60 SMP yang menjadi tanggung jawab pemkot
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan melakukan uji kelayakan gedung sekolah untuk menjamin kondisinya aman serta nyaman untuk siswa dan guru melakukan kegiatan belajar mengajar.

"Uji kelayakan itu diawali atau dilakukan di 200 bangunan SD dan 60 SMP yang menjadi tanggung jawab pemkot," kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Kamis.

Ia menyatakan tidak ingin terulang kembali peristiwa gedung sekolah di "Bumi Sriwijaya" --sebutan untuk Palembang-- ini roboh, seperti di salah satu gedung sekolah milik Yayasan Ulil Albab di Jalan Sematang Lorong Lumban Meranti, Kelurahan Sako, Kecamatan Sako, Kota Palembang awal Juli 2022.

Baca juga: Gedung sekolah di Palembang roboh, satu pekerja tewas tertimpa reruntuhan bangunan
Kejadian tersebut, ucapnya, menjadi pelajaran berharga. Untuk itu perlu dilakukan antisipasi dengan melakukan uji kelayakan gedung sekolah.

"Untuk melakukan uji kelayakan gedung sekolah, saya minta Dinas Pendidikan Kota Palembang melibatkan tim ahli dari Universitas Sriwijaya," ujarnya.

Pihaknya juga berupaya melakukan perbaikan ruangan kelas atau sekolah tingkat SD dan SMP yang tersebar di 18 kecamatan di kota setempat.

Perbaikan gedung sekolah akan terus dilakukan secara bertahap dengan melakukan skala prioritas terhadap sekolah yang kondisinya kurang layak untuk kegiatan belajar mengajar.

"Perbaikan gedung sekolah menjadi perhatian dalam kegiatan proyek pembangunan kota ini karena tidak mungkin dapat mencetak sumber daya manusia berkualitas jika tidak ditunjang dengan fasilitas pendidikan yang memadai," kata Fitrianti.
Baca juga: Polisi periksa tiga orang saksi robohnya gedung sekolah di Palembang