OKU Timur wujudkan kota layak anak pada 2022

id Kabupaten kota layak anak, OKU Timur, inovasi KLA, pemenuhan hak anak

OKU Timur wujudkan kota layak anak pada 2022

Pemkab OKU Timur menggelar rapat gugus tugas percepatan pembentukan kabupaten layak anak, Sabtu. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering (OKU) Timur, Sumatera Selatan berupaya mewujudkan daerah itu sebagai kota layak anak pada tahun 2022.

"Salah satu upaya yang kami lakukan adalah melalui rapat koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2022," kata Bupati OKU Timur Lanosin di Martapura, Sabtu.

Dia mengatakan melalui rapat koordinasi tersebut, pihaknya akan membuat berbagai inovasi dalam mewujudkan kota layak anak di wilayah itu.

Kabupaten/kota Layak Anak adalah daerah yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat serta dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Untuk mewujudkan KLA, beragam inovasi pemenuhan hak dan perlindungan anak harus dilakukan setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayah itu.

Inovasi program KLA, antara lain stop kekerdilan, meningkatkan kesehatan ibu dan anak serta kolaborasi pendidikan anak dan keluarga.

Bahkan, anak-anak bisa memperkaya wawasan dan pengetahuan dengan membaca buku lewat gawai pada masa pandemi COVID-19.

Pemerintah juga telah membentuk desa/kelurahan layak anak yang memiliki fasilitas penunjang pemenuhan hak dan perlindungan anak di OKU Timur.

"Melalui upaya ini diharapkan OKU Timur tahun ini dapat menyandang predikat KLA," ucapnya.