Nelayan Sumsel diimbau waspada saat melaut karena cuaca buruk

id Nelayan Sumsel diimbau waspada saat pergi berlayar, cuaca buruk,nelayan sumsel waspada bencana

Nelayan Sumsel diimbau waspada saat melaut karena cuaca buruk

Arsip : Nelayan sedang berlayar mencari ikan di perairan Selat Selat Sunda (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/21)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Nelayan di Sumatera Selatan diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan saat pergi berlayar ke laut lepas sebab kondisi cuaca saat ini sedang memburuk hingga berpotensi menjadi bencana.

Kepala Stasiun Klimatologi kelas I Palembang Wandayantolis di Palembang, Selasa mengatakan, Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat sudah merilis status waspasda selama tiga hari ini.

Per hari ini Selasa (14/9), diprakirakan berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat pada pagi hingga sore hari.

Khususnya di wilayah Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, OKU Selatan, Lahat, Muara Enim dan Kota Pagaralam.

"Nelayan diharapkan perhatikan informasi jangka pendek karena periode transisi cuaca begitu cepat, jadi sewaktu-waktu dapat terjadi hujan yang deras," kata dia.

Lalu diprakirakan tinggi gelombang laut di Selat Gelasa 1.25 sampai 2.50 meter, Selat Bangka Bagian Utara dan Selat Bangka bagian Selatan 0.1 sampai 0.5 meter.

Angin dari Tenggara ke Barat dengan kecepatan 05 - 25 Km/jam, disertai hujan ringan, arah angin barat daya - utara dengan kecepatan 05 sampai 45 Km/jam.

Sementara diprakirakan cuaca saat ini juga berpotensi turun hujan dengan skala ringan sampai sedang pada siang hari diwilayah Banyuasin dan Musi Banyuasin.

Lalu pada siang sampai sore hari awan tebal potensi hujan ringan sampai sedang diwilayah OKU Selatan, Muara Enim, Lahat dan Pagaralam.

"Malam hingga dini hari berkabut," ujarnya.

Suhu udara wilayah Sumatera Selatan dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI 23 sampai 32 derajat celcius, kelembapan udara 65 sampai 98 persen.

Sedangkan untuk suhu udara wilayah Sumatera Selatan  dataran tinggi sekitar Kota Pagaralam, Lubuk Linggau Kabupaten Empat Lawang, Lahat dan OKU Selatan 19 sampai 30 derajat celcius dan kelembapan udara 70 sampai 100 persen.

"Kondisi cuaca ini diharapkan menjadi  atensi kita semua," katanya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021