Di Lumajang lima meninggal dan belasan terluka akibat gempa

id korban gempa malang di lumajang,dampak gempa malang,korban gempa di lumajang,BPBD Lumajang,Lima meninggal dan belasan te

Di Lumajang lima meninggal dan belasan terluka akibat gempa

Tangkapan layar: Bupati Lumajang Thoriqul Haq (dua dari kanan) mengunjungi warga yang terdampak gempa di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Sabtu malam (10/4/2021) (ANTARA/ HO - Bupati Lumajang)

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang menyebutkan sebanyak lima orang meninggal dunia dan sebelas orang mengalami luka-luka akibat gempa bumi dengan magnitudo 6,7 yang dimutakhirkan menjadi 6,1 berpusat di selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu.

"Kami terus melakukan pemutakhiran data korban yang terdampak gempa bumi, sehingga datanya juga dinamis," kata Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Lumajang Joko Sambang saat dihubungi per telepon di Lumajang.

Lima korban meninggal dunia yakni pasangan suami istri Ahmad Fadholi dan istrinya yang meninggal di RSUD dokter Haryoto Lumajang yang merupakan warga Desa Tempurrejo, Kecamatan Tempursari.

Longsoran material batu di Jalan Raya Lumajang - Malang tepatnya di KM 56+800 Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang menimpa pasutri pengendara sepeda motor.

Pasutri tersebut meninggal dunia saat guncangan gempa menyebabkan bongkahan batu besar longsor menimpa pengendara itu di Jalur Piket Nol yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dengan Malang. Ahmad Fadoli meninggal di lokasi kejadian, sedangkan istrinya meninggal dunia saat dibawa ke rumah sakit.

Kemudian korban meninggal lainnya yakni tiga warga Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari atas nama Juwanto, Nasar, Bonangi yang meninggal tertimpa reruntuhan bangunan akibat gempa.

"Kami juga mendata sebanyak 11 warga mengalami luka berat dan luka ringan di beberapa bagian tubuhnya akibat guncangan gempa bumi yang cukup kuat dirasakan warga setempat," katanya.

Data korban yang mengalami luka-luka yakni:
1. Saden (98) warga Desa Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe mengalami luka berat, sehingga sementara dirawat di rumah saudara.
2. Rusmini warga Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari mengalami luka ringan.
3. Kusaini warga Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari yang mengalami luka ringan.
4. Hamzah (2) warga Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari yang mengalami luka ringan
5. Suprianingtyas warga Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari mengalami luka ringan
6. Firman (6) warga Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari mengalami luka ringan.
7. Siti Aisyah (33) warga Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari mengalami luka ringan.
8. Zahra (7) warga Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari mengalami luka ringan.
9. Suti (65) warga Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari mengalami luka ringan.
10. Sainem (70) Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari mengalami luka ringan.
11. Rukiyem (90) warga Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari mengalami luka ringan.

Joko mengatakan kerugian material berupa rumah retak dan roboh akibat gempa bumi terjadi di 10 kecamatan yakni Kecamatan Tempursari (Desa Kaliuling, Desa Tempursari, Desa Pundungsari), Kecamatan Pronojiwo (Desa Tamanayu, Desa Sidomulyo, Desa Supiturang, dan Desa Oro Oro Ombo),

Kemudian Kecamatan Pasirian (Desa Gondoruso dan Condro), Kecamatan Gucialit (Desa Tunjung, Kertowono, dan Pakel), di Kecamatan Pasrujambe terdapat Desa Pasrujambe, di Kecamatan Senduro (Desa Argosari dan Wonocempokoayu), Kecamatan Yosowilangun (Desa Kebonsari), Kecamatan Tekung di Desa Tukum, Kecamatan Kedungjajang di Desa Sawaran Kulon, dan Kecamatan Lumajang di Desa Banjarwaru.

Gempa denga magnitudo 6,7 yang mengguncang Malang menyebabkan puluhan rumah di Kabupaten Lumajang mengalami kerusakan baik ketegori ringan hingga berat.