Kelompok tani di OKU tunggu distribusi Kartu Tani

id Kelompok tani Lubuk Raja, petani tunggu Kartu Tani, pupuk bersubsidi, 46 keping kartu tambahan, masih proses cetak, Dina

Kelompok tani di OKU tunggu  distribusi Kartu Tani

Ilustrasi Kartu Tani (ANTARA/HO/21)

Baturaja (ANTARA) - Puluhan kelompok tani di Desa Batumarta 1, Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menunggu pendistribusian Kartu Tani dari Dinas Pertanian setempat agar bisa segera mendapat pupuk bersubsidi untuk bercocok tanam.

"Ada sebanyak 46 petani di desa kami yang belum mendapat Kartu Tani," kata Ketua Unit Pengelola Keuangan Kelompok (UPKK) Tani, Kecamatan Lubuk Raja, Ogan Komering Ulu (OKU), Indra di Baturaja, Selasa.

Dia menjelaskan, 46 keping Kartu Tani yang belum selesai dicetak ini merupakan tambahan dari 188 keping kartu yang sudah didistribusikan sebelumnya.

"Sebanyak 188 keping kartu sudah diterima 14 poktan di Kecamatan Lubuk Raja yang dibagikan belum lama ini oleh balai pertanian melalui ketua poktan. Sementara sisanya masih proses cetak," kata dia.

Oleh sebab itu, ia berharap agar proses cetak kartu dapat segera diselesaikan untuk mengatasi kelangkaan pupuk bersubsidi di pasaran.

"Apalagi sekarang ini sudah hampir memasuki musim tanam sehingga petani sangat membutuhkan pupuk untuk tanaman," jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Ogan Komering Ulu (OKU), Joni Saihu melalui Kabid Sarana dan Prasarana, Agus Paharyono sebelumnya mengatakan, pada tahun ini penyaluran pupuk bersubsidi tidak lagi dilakukan secara manual, namun dengan sistem elektronik menggunakan Kartu Tani.

Menurut dia, sistem penyaluran bantuan pemerintah ini dinilai lebih efektif agar bantuan tepat sasaran dan petani lebih mudah mendapat pupuk bersubsidi untuk tanaman.

Dia mengemukakan, sejauh ini tercatat lebih dari 15.000 keping Kartu Tani yang sudah dibagikan kepada kelompok tani di Kabupaten OKU dari 18.804 keping target cetak pada 2020 lalu.

Para petani nantinya dapat membeli pupuk dengan harga terjangkau menggunakan Kartu Tani di 42 kios pengecer di Kabupaten OKU yang dilengkapi mesin EDC.

Puluhan kios pengecer ini siap menyalurkan pupuk bersubsidi kepada petani yang memegang kartu tersebut menggunakan mesin EDC.

"Saat ini sudah ada sekitar 42 kios pengecer di OKU yang sudah siap menyalurkan pupuk bersubsidi kepada petani pemegang Kartu Tani," kata dia.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar