Kemenag tunda MTQ Nasional di Sumbar

id MTQ nasional ditunda,mtqn sumbar,tunda mtq sumbar

Kemenag tunda MTQ Nasional di Sumbar

Kepala Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumbar, Jasman. ANTARA/Miko Elfisha

Padang (ANTARA) - Pelaksanaan MTQ tingkat Nasional ke-28 di Sumatera Barat resmi ditunda pelaksanaannya menjadi November 2020 karena wabah COVID-19 yang masih terus meningkat.

"Pemprov Sumbar sudah terima surat dari Kementerian Agama terkait persetujuan penundaan pelaksanaan MTQ ke-28," kata Kepala Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumbar, Jasman di Padang, Rabu.

Ia mengatakan dalam surat yang ditandatangani oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat Kemenag, Kamaruddin Amin itu disebutkan bulan pelaksanaan, namun tanggalnya akan ditetapkan kemudian.

"Jadi dipastikan MTQ Nasional ke-28 di Sumbar tidak batal, hanya ditunda," kata Jasman.

Sebelumnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meminta agar Kepala Kantor Kemenag Sumbar menyurati Mentri Agama untuk menunda pelaksanaan MTQ Nasional yang sejatinya akan digelar 20-29 Agustus 2020.

Hal itu disebabkan wabah COVID-19 yang masih terjadi dan terus meningkat. Sejumlah akademisi Universitas Andalas memprediksi pada Agustus wabah itu sudah menurun di Sumbar, namun belum sepenuhnya ditanggulangi.

Karena itu waktu palaksanaan diminta agar diundur menjadi November 2020 saat wabah COVID-19 diprediksi telah sepenuhnya terkendali.

Irwan memastikan anggaran untuk pelaksanaan iven tingkat nasional itu akan dimasukkan dalam APBD Perubahan 2020, karena anggaran yang telah ada saat ini direlokasi untuk menanggulangi wabah COVID-19 di provinsi itu.

Ia optimis tidak akan ada persoalan berarti terkait anggaran pelaksanaan itu, demikian juga dengan lokasi pembukaan yang diharapkan bisa selesai sebelum acara digelar.