Dinas Kesehatan Palembang tingkatkan kualitas puskesmas

id puskesmas, dinkes, pelayanan puskesmas, tinkatkan pelayanan puskesmas, berobat

Dinas Kesehatan Palembang  tingkatkan kualitas puskesmas

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Letizia. ANTARA/Yudi Abdullah/19

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Palembang, Sumatera Selatan, berupaya meningkatkan kualitas pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di 18 kecamatan untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada warga kota setempat.

Untuk meningkatkan kualitas puskesmas, terus dilakukan pembenahan sistem manajemen mutu dan penambahan fasilitas pelayanan kesehatan, kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Letizia di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, puskesmas yang menerapkan sistem manajemen mutu organisasi internasional untuk standardisasi atau ISO didorong menerapkan sistem tersebut secara maksimal.

Dengan menerapkan sistem manajemen mutu secara maksimal, seluruh masalah gangguan kesehatan masyarakat yang tergolong ringan dapat ditangani dengan baik oleh tenaga medis di puskesmas.

"Secara umum pelayanan puskesmas di Palembang ini sudah cukup baik, masyarakat yang membutuhkan penanganan medis hingga tingkat sedang tidak perlu dirujuk ke rumah sakit," ujarnya.

Dengan peningkatan kualitas puskesmas yang dilakukan secara bertahap dalam beberapa tahun terakhir, fasilitas kesehatan tingkat pertama itu mulai dilirik berbagai lapisan masyarakat.

Masyarakat yang berobat atau memeriksakan kesehatannya tidak hanya kalangan masyarakat miskin tetapi juga berasal dari berbagai kalangan yang tergolong mampu secara ekonomi, katanya.