Kemenkes terjunkan tim peneliti jenis virus nyamuk DBD Jepara

id tim peneliti virus dbd, kemenkes, dinkes jepara, demam berdarah

Kemenkes terjunkan tim peneliti jenis virus nyamuk DBD Jepara

Ikon Kota Jepara, Jawa Tengah. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Jepara (ANTARA) - Kementerian Kesehatan menerjunkan tim untuk melakukan penelitian jenis virus demam berdarah dengue (DBD) yang menjangkiti warga di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, termasuk jentik nyamuknya, kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinkes Jepara Eko Cahyo Puspeno.

"Tim yang diterjunkan selain dari Kementerian Kesehatan RI, juga ada dari Balai Laboratorium Kesehatan Semarang, Balai Besar Laboratorium Kesehatan Lingkungan Salatiga, dan Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Banjarnegara," ujarnya di Jepara, Senin.

Ia mengungkapkan tim peneliti tersebut mulai terjun ke lapangan selama tiga hari, yakni mulai Rabu (6/3) hingga Jumat (8/3).

Tim peneliti tersebut, kata dia, mengambil sampel darah penderita DBD, kemudian mengambil sampel nyamuk dan jentik nyamuk di lima lokasi penelitian.

Kelima lokasi tersebut, yakni Desa Troso (Kecamatan Pecangaan), Desa Pendo Sawalan (Kecamatan Kalinyamatan), Desa Bugel (Kecamatan Kedung), Desa Karanggondang dan Suwawal (Kecamatan Mlonggo), sedangkan di Kecamatan Jepara Kota di Desa Kuwasen.

Untuk saat ini, kata dia, masih menunggu hasil penelitian karena masih proses menunggu untuk melihat, rota virus untuk membuktikan virus di Jepara jenis yang ganas atau tidak karena penyebarannya begitu cepat dan kematian juga tinggi.