Gubernur Sumsel intruksikan bupati evaluasi izin perkebunan

id Gubernur,izin perkebunan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Gubernur Sumsel intruksikan  bupati evaluasi izin perkebunan

Gubernur Sumsel Herman Deru (Dok.Antara)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menginstruksikan kepada bupati di daerahnya untuk mengevaluasi izin usaha perkebunan

"Kami minta bupati dan wali kota untuk menginventarisir semua data perizinan perusahaan yang ada," kata gubernur di Palembang, Kamis.

Bila perusahaan melanggar izin maka pihaknya tidak akan segan untuk mencabut izin usaha tersebut.

"Kita minta kepala daerah diinventarisir secara menyeluruh mengenai izin lokasi serta syarat dan batas waktu yang sudah dikeluarkan. Kalau memang mereka melanggar, cabut saja izinnya," ujar gubernur.

Apalagi umumnya kewenangan pemberian izin di daerah sepenuhnya ada di tangan bupati dan wali kota. Untuk itu diminta semua kepala daerah menginventarisir segala hal terkait perizinan yang terlanjur dikeluarkan mulai dari izin lokasi sampai IUP.

Bukan hanya izin, pihaknya juga meminta laporan soal tanggungjawab perusahaan pada kebakaran lahan yang ada di sekitarnya.

" Kalau lintas sektoral itu baru wewenang saya tapi untuk izin itu semuanya ada pada bupati dan wali kota," kata gubernur.

Mengenai masalah kebakaran hutan dan lahan hampir setiap tahun, menurut dia perlu dicarikan jalan keluar dengan melaksanakan rapat bersama seperti forum diskusi bersama Badan Restorasi Gambut tersebut.

"FGD ini untuk rembuk. Bukan cari siapa yang salah karena disini kita cari jalan keluar bagaimana agar kejadian ini tidak terulang. Kita ingin ini ada rumusan yang merekomendasikan soal sikap. Bupati harus bagaimana termasuk gubernur," tambah dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar