Disnakan OKU Timur akui produksi ikan patin berlimpah

id Disnakan OKU Timur akui produksi ikan patin berlimpah

Disnakan OKU Timur akui produksi  ikan patin berlimpah

Teks Foto : Produksi Ikan Patin di Kabupaten OKU Timur berlimpah mencapai 260 ton/hari atau 96 ribu ton yang dihasilkan setiap tahunnya. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Martapura (ANTARA) - Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, Tubagus Sunarseno mengakui produksi Ikan Patin di wilayah itu berlimpah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan bagi masyarakat setempat.

"Produksi Ikan Patin di Kabupaten OKU Timur ini mencapai 260 ton/hari atau 96 ribu ton yang dihasilkan setiap tahunnya," katanya di Martapura, Jumat.

Dia menjelaskan, ikan air tawar ini diproduksi oleh pembudidaya ikan di tujuh kecamatan di wilayah setempat meliputi Kecamatan Buay Madang, Belitang, Buay Madang Timur, Belitang III, Semendawai Suku III, Belitang Mulya dan Semendawai Timur.

Menurut dia, selain memenuhi kebutuhan masyarakat di OKU Timur, ikan yang diproduksi ini juga dikirim ke luar Provinsi Sumatera Selatan seperti Lampung untuk dijadikan bahan pakan ternak lainnya.

"Setiap harinya Ikan Patin ini dikirim ke Lampung sebanyak tujuh ton untuk dijadikan pelet atau bahan pakan ternak," katanya.

Dia mengemukakan, Ikan Patin segar ini juga dikirim ke beberapa daerah di Sumatera Selatan, termasuk Bengkulu untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan bagi masyarakat di wilayah itu.

"Bisnis peternakan Ikan Patin ini dinilai cukup menguntungkan sehingga banyak pelaku usaha yang memanfaatkan peluang tersebut," ujarnya.

Bahkan, lanjut dia, sebagian besar pelaku usaha peternakan di wilayah setempat membuat berbagai jenis produk makanan olahan berbahan dasar dari Ikan Patin guna meningkatkan harga jualnya, seperti bakso ikan, kerupuk, nuget, abon dan pempek yang berbahan dasar dari Ikan Patin," ujarnya
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar