Walau pasar lesu, Toyota targetkan jual satu juta unit

id Toyota,penjualan toyota,target toyota,pasar otomotif,industri otomotif

Walau pasar lesu, Toyota targetkan jual satu juta unit

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, di Jakarta, Jumat, (16/08/2019). (Boyke Ledy Watra)

Jakarta (ANTARA) - Produsen kendaraan PT Toyota Astra Motor (TAM) tetap menargetkan penjualan satu juta unit kendaraan meskipun pasar otomotif Tanah Air lesu menyusul resesi ekonomi global.

Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy, di Jakarta, Jumat, mengatakan perusahaannya semula memprediksi pasar otomotif Indonesia pada 2019 akan tumbuh lebih baik dibanding pada 2019.

Toyota menyatakan angka penjualan pada 2018 mencapai 1,1 juta unit dan mencapai 1,157 juta unit pada 2019.

Selain resesi ekonomi global, Toyota megatakan penurunan angka penjualan kendaraan pada 2019 juga dipengaruhi faktor "wait and see" dari hasil pemilu 2019.



"Tapi melihat hasil per semester tahun ini, rasanya (angka penjualan) maksimum berada pada 1,1 juta (unit kendaraan). Kalau (pasar lesu) berlanjut, mungkin berada di bawah (satu juta unit) itu. Mungkin akan ada risiko. Tapi, kami berharap masih berada pada satu juta unit," kata Anton.

Toyota, lanjut Anton, masih optimistis untuk meraih pasar otomotif Indonesia menyusul penurunan angka penjualan mereka pada semester pertama 2019 tidak terlalu signifikan.

"Untuk sementara rasanya tidak akan ada dampak terhadap hal-hal yang negatif lah," ujar Anton tentang angka penjualan kendaraan Toyota yang menurun pada semester pertama 2019.