Forum Puspa berikan perlindungan anak berbasis masyarakat

id FORUM PUSPA BERIKAN PERLINDUNGAN ANAK BERBASIS MASYARAKAT,Forum Puspa,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari in

Forum Puspa berikan perlindungan anak berbasis masyarakat

Ilustrasi (Ist)

Baturaja, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan memberikan perlindungan bagi anak dan perempuan berbasis masyarakat.

"Forum Puspa yang sudah terbentuk sejak 2018 ini sangat membantu dalam mengatasi masalah kekerasan terhadap anak dan perempuan khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU)," kata Kepala Dinas PPPA OKU, Arman di Baturaja, Rabu.

Dia menjelaskan, forum Puspa terdiri dari beberapa organisasi seperti akademisi, media massa dan lainnya yang lebih banyak fokus pada pencegahan terhadap kekerasan terhadap anak dan perempuan.

Salah satu yang menjadi program kerja forum ini yaitu pembentukan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yang sekaligus dapat membantu pemerintah daerah setempat dalam memperoleh predikat kabupaten Layak Anak.

"Program kerja Forum Puspa Kabupaten OKU dalam tiga tahun ke depan adalah mewujudkan Three End yaitu Akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, Akhiri perdagangan manusia, dan akhiri ketidakadilan akses ekonomi untuk perempuan," jelasnya.

Selain itu kata dia, Forum Puspa juga menjadi amunisi dalam mencegah kekerasan anak serta pemberdayaan perempuan sehingga pihaknya sangat terbantu dengan terbentuknya forum tersebut.

Sebab dia menilai, sejauh ini Sumber Daya Manusia (SDM) di Dinas PPPA Ogan Komering Ulu dinilai sangat terbatas, sedangkan pesoalan yang berkaitan dengan anak ataupun perempuan sangatlah banyak.

"Dengan adanya Forum Puspa ini akan membantu kami terutama pada sesi pencegahan," ujarnya.