Sumsel target loloskan tiga atlet Sambo ke SEA Games

id kejurnas,sambo,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

Sumsel target loloskan tiga atlet Sambo ke SEA Games

Dokumentasi- Pertandingan Sambo (Ist)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan menargetkan dapat meloloskan setidaknya tiga orang atlet cabang sambo ke SEA Games 2019 Filipina setelah sebelumnya dua atlet masuk pemusatan latihan nasional Asian Games 2018.

Pelatih sambo Sumsel Ahmad Yani di Palembang, Selasa, mengatakan,peluang sangat terbuka karena sembilan atlet bakal diikutsertakan pada Kejurnas Sambo di Jawa Barat, pada akhir pekan ini.

Kejurnas yang kedua ini bakal menjadi ajang seleksi atlet untuk pembentukan timnas SEA Games.

Pada kejurnas sebelumnya, kami mengirimkan dua atlet dan dapat dua emas, sementara kali ini kami mengirimkan sembilan atlet, ujar Yani.

Menurutnya, dengan persiapan matang kurang lebih satu tahun, diharapkan pada kejurnas mendatang dapat meraup hasil maksimal. Apalagi, atlet Sazli Rais sudah berpengalaman berlaga di ajang nasional di cabang olahraga wushu. Selain itu, Sumsel juga memiliki Roberto Toruan.

Ia pun berharap olahraga ini dapat terus berkembang di daerah karena nanti pada PON XX di Papua akan menjadi cabang olahraga ekshibisi.

Hal ini terjadi karena Indonesia baru mengembangkan olahraga ini sejak dua tahun terakhir lantaran dipertandingkannya di Asian Games 2018.

Terkait ketersediaan dana untuk mengembangkan olahraga ini di Sumsel, Ahmad Yani mengatakan sejauh ini masih menggunakan bantuan dari donatur. Selain itu, KONI Sumsel juga memberikan bantuan sesuai dengan kesepakatan bersama cabang-cabang olahraga lain.

Untuk ikut kejurnas ini, kami sudah ajukan permohonan dana ke KONI. Biasaya dibantu, tapi mungkin hanya 40 persen dari kebutuhan dana, ujar dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar