ACT Sumsel salurkan Rp1 miliar untuk Lombok

id Aksi Cepat Tanggap,bantuan lombok,act sumsel,total bantuan lombok,berita sumsel,berita palembang,ACT Sumsel,masjid, sekolah, MCK, sumur

Dokumentasi- Relawan Aksi Cepat Tanggap dari berbagai komunitas di Palembang mengelar penggalangan dana mengajak masyarakat ikut peduli Lombok. (ANTARA News Sumsel/Deny Wahyudi/Erwin M)

Palembang, 18/9 (Antara) -Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai lembaga kemanusiaan selama satu bulan telah menyalurkan dana sebesar Rp1 miliar untuk Lombok, NTB.

Hingga Senin (17/9), ACT Sumsel melaporkan telah menyalurkan dana sebesar Rp1 miliar untuk membantu Lombok, kata Branch Manager ACT Sumsel, Ardiansyah di Palembang, Selasa.

Menurut dia, dana tersebut dikumpulkan dari berbagai sumber seperti penggalangan dana di jalan, dari relawan, berbagai komunitas dan juga personal yang mempercayakan dananya disalurkan melalui ACT.

"Alhamdulillah partisipasi masyarakat sangat luar biasa, kita bisa mengumpulkan satu miliar rupiah ini dalam satu bulan," katanya.

Ia mengingatkan untuk tidak berbangga diri, apalagi timbul rasa sombong.

Ia menjelaskan, kalau dana satu miliar rupiah itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan total biaya pemulihan Lombok yang mencapai Rp14 triliun.

"Jadi, dana pemulihan Lombok itu sudah hampir mencapai dua periode anggaran Sumsel. Sumsel ini total APBD- Rp8 triliun per tahun," ujarnya.

Ia sangat berterima kasih kepada para relawan, komunitas dan donatur yang telah peduli pada isu Lombok ini. Baginya, seberapapun bantuan yang diberikan akan sangat berarti.

Pihak ACT Sumsel, menurutnya akan terus mengampanyekan program bantuan untuk Lombok ini, karena pemulihan Lombok ini jangka panjang, tidak selesai satu atau dua tahun.

Apalagi mengingat mereka saat ini masih banyak yang tinggal di tenda pengungsian, karena intensitas gempa yang cukup rapat. Bahkan dalam satu bulan telah terjadi lebih dari 2.000 gempa.

Jadi, masyarakat Lombok masih sangat trauma, selain yang memang rumahnya hancur, ada pula yang tidak berani pulang ke rumah.

ACT menargetkan akan kembali mengirimkan bantuan baik berupa barang maupun dana. Di gudang ACT Sumsel telah siap diberangkatkan perlengkapan tidur seperti selimut, sprei, bantal dan handuk yang totalnya ada sekitar satu truk. Ditambah bahan makanan yang masih terus dikumpulkan dari hasil donasi masyarakat.

Untuk dana sendiri, ACT kembali menargetkan pada akhir Septeber 2018 akan mengirimkan sekitar satu miliar rupiah untuk pembangunan Integrated Community Shelter.

Sebuah komplek hunian yang terintegrasi dengan masjid, sekolah, MCK, sumur dalam untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

ACT juga membangun humanity store, yaitu sebuah minimarket di setiap ICS untuk memenuhi korban gempa Lombok. Semua itu gratis guna membangun kembali kehidupan di Lombok.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar