Kedatangan jamaah haji kloter 5 tertunda

id haji,berita sumsel,berita palembang,jamaah haji palembang,kepulangan jamaah haji palembang,kloter 5 Embarkasi Palembang,Saefudin Latief

Kedatangan jamaah haji kloter 5 tertunda

Dokumentasi- Jamaah haji kloter pertama embarkasih Palembang tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumsel. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kedatangan jamaah haji kelompok terbang (Kloter) 5 Embarkasi Palembang tertunda karena arus penerbangan di Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah cukup padat.

Humas Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan, Saefudin Latief di Palembang, Senin mengatakan, seharusnya jamaah kloter 5 tiba Minggu malam tetapi akan tiba malam ini.

Menurut dia, keterlambatan itu lantaran pesawat Saudi Airlines nomor penerbangan SV5720 yang membawa jamaah asal Palembang dan Ogan Komering Ulu Timur tersebut mengalami keterlambatan take off dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Pesawat Kloter 5 semula dijadwalkan tiba di Palembang Minggu (2/9) malam, pukul 21.55 WIB. Namun karena ada penundaan keberangkatan sampai tiga jam lamanya, kedatangan mereka dipastikan mengalami keterlambatan.

Memang, lanjut dia pada masa pemulangan, kondisinya demikian atau keterlambatan bisa saja terjadi karena ada ratusan penerbangan dalam satu hari.

Hal ini karena pesawat harus antre menunggu slot time atau jadwal yang diberikan otoritas bandara, kata dia.

Lebih lanjut, sebutnya berdasarkan data yang didapat, jamaah kloter 5 yang akan tiba nanti berjumlah 448 orang atau sama dengan jumlah jamaah saat berangkat.

Memang ada tiga jamaah yang wafat di Arab Saudi, namun ada pula tiga jamaah yang ikut bergabung (tanazul) dari kloter lain.

Dia mengatakan, tiga jamaah yang wafat tersebut adalah Budi Riyati (54) dan Gimin Wongso (78) dari Ogan Komering Ulu Timur serta Nurdjanah Mahmud (74) dari Palembang, tambah dia.