Minat dosen meneliti meningkat

id penelitian,dosen,berita sumsel,berita palembang,penelitian oleh dosen,berita antara,pemahaman, teknologi,teknik penelitian

Minat dosen meneliti meningkat

Ilustrasi- Penelitian (fotopedia.com)

Medan (ANTARA News Sumsel) - Minat para dosen dalam beberapa tahun belakangan ini untuk melakukan penelitian, sebagai salah satu wujud Tridharma Perguruan Tinggi, dinilai terus semakin meningkat.

"Minat para dosen di tanah air untuk meneliti pada saat ini mulai cukup tinggi dibanding beberapa tahun sebelumnya. Kalau dibandingkan Malaysia minat dosen kita untuk meneliti memang masih kalah," kata Pengamat Pendidikan Sumatera Utara Prof. Dr. Saryono di Medan, Minggu.

Menurut dia, tugas pokok seorang dosen ada tiga domain yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang diikemas rapi dalam wadah Tridharma Perguruan Tinggi yang selama ini diembannya.

Itu artinya tugas seorang dosen selain mengajar dan membimbing mahasiswa, juga diwajibkan untuk melakukan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sekitarnya. Sayangnya, dua poin terakhir itu masih sering dianggap sebagai sebuah pekerjaan sampingan.

Seorang dosen lebih berfokus pada tugas rutinnya sebagai pengajar serta pembimbing mahasiswa ketimbang melakukan inovasi baru melalui kegiataan penelitian.

"Padahal melalui sebuah penelitian dapat ditemukan pemahaman, teknologi, dan solusi baru atas beragam permasalahan yang dihadapi oleh berbagai pihak, baik mahasiswa, perguruan tinggi itu sendiri maupun masyarakat luas," katanya.

Saryono sangat berharap para dosen untuk melakukan penelitian karena sekarang ini banyak tawaran penelitian dengan persediaan dana yang menggiurkan.

Selain itu para dosen juga diajak untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang penelitian sekaligus memanfaatkan fasilitas dana hibah yang disiapakan pemerintah melalui Kementrian Riset Teknologi dan pendidikan tinggi.

"Untuk dapat melakukan penelitian yang memiliki orientasi tdak sekedar hanya mendapatkan finansial tanpa nilai manfaat dari hasil penelitian, perlu juga bekal teknik penelitian yang baik," katanya.