Wali murid buru perlengkapan sekolah

id Seragam sekolah,Pedagang,Pasar 16 ilir,Tahun ajaran baru

Wali murid buru perlengkapan sekolah

Puluhan wali murid memburu perlengkapan sekolah seperti seragam baru di Pasar 16 ilir Palembang, Sabtu (7/7/18. (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Jelang tahun ajaran baru 2018/2019 wali murid semakin gencar berburu perlengkapan sekolah pada pekan terakhir, seperti di pasar 16 ilir Palembang. 

Pantauan antarasumsel.com di pusat grosir terbesar di Sumsel tersebut, orang tua maupun wali murid yang ingin berbelanja kebutuhan sekolah anaknya menyerbu toko dan lapak pedagang kaki lima yang menyediakan perlengkapan sekolah, bahkan di beberapa toko mereka harus berdesak-desakan.

"Tadi beli seragam sekolah, masuk toko harus desak-desakan dulu, takut tidak kebagian, soalnya banyak sekali yang beli seragam sekolah hari ini, kemarin saya beli untuk anak saya yang satunya belum seramai ini, memang kalau kalender masuknya tanggal 16, tapi sebelum itu kan ada masa orientasi siswa dulu," kata seorang pembeli Surtinah di Pasar 16 ilir Palembang, Sabtu.

Menurutnya pekan depan siswa  yang lama maupun baru mulai masuk sekolah sehingga ia dan orang tua yang lain harus mempersiapkan perlengkapan sekolah. 

Seragam sekolah dasar dan buku tulis menjadi perlengkapan yang paling diburu, setelah itu sepatu, tas, kaus kaki, jilbab, ikat pinggang, topi, dasi, badge nama serta atribut seragam. 

Dijelaskan Surtinah, ia sendiri sudah biasa berbelanja kebutuhan sekolah anaknya pada pekan terakhir libur, sebab pada saat seperti itu proses tawar menawar dengan penjual lebih cepat akibat banyaknya pembeli yang berebut menawar. 

"Yah alhamdulillah harga seragam anak sekolah tidak terlalu mahal, yang mahal justru harga buku dan sepatu, tapi kami tetap beli karena mau bagaimana lagi, anak mau sekolah intinya pakai yang baru semua," ujar Surtinah. 

Sementara itu seorang penjual seragam sekolah Wijaya mengakui ada kenaikan jumlah pembeli dari hari biasanya dan tokonya sudah memprediksi hal tersebut. 

"Memang ramainya konsumen belanja seragam di minggu terakhir, tiap tahun seperti itu, maka kami sudah siapkan stok tambahan, sebab memang signifikan sekali antara hari biasa dengan jelang ajaran baru, bisa 5 kali lipat lonjakannya," lanjut Wijaya. 

Ia menambahkan tokonya sudah menambah stok seragam sekolah SD, SMP dan SMA sejak satu bulan lalu, mengantisipasi pembelian besar-besaran orang tua siswa dan pedagang yang ada di wilayah perairan. 

"Pedagang wilayah perairan itu mereka belinya kolektif untuk masyarakat di daerahnya, nah kalau minggu-minggu sekarang mereka juga menambah jumlah pembelian, sekali bawa kadang 100 seragam pertiga hari sekali," jelas Wijaya. 

Terpantau harga-harga perlengkapan sekolah di pasar 16 Ilir Palembang;
1. Seragam SD Rp80.000-Rp140.000
2. Seragam SMP Rp90.000 - Rp170.000
3. Seragam SMA Rp120.000 - Rp210.000
4. Sepatu sekolah Rp45.000 - Rp240.000
5. Badge nama dan sekolah Rp10.000 - Rp15.000
6. Ikat pinggang sekolah Rp30.000 - Rp70.000