Pesta pernikahan Harry-Meghan gabungkan adat kerajaan dengan gemerlap Hollywood

id Meghan Markle,Pangeran Harry,pangeran inggris,pesta pernikahan pangeran harry,kerajaan inggris,berita sumsel,berita palembang

Pesta pernikahan Harry-Meghan gabungkan adat kerajaan dengan gemerlap Hollywood

Pangeran Harry dan Meghan Markle (ANTARA News Sumsel/Reuters)

Windsor (Antara/Reuters) - Pangeran Harry menikahi aktris Amerika Serikat Meghan Markle pada Sabtu dalam upacara mewah, yang menyatukan kemegahan bangsawan Inggris dengan gemerlap Hollywood.

Ratusan juta orang di seluruh dunia diperkirakan menyaksikan pernikahan cucu lelaki terkenal Ratu Elizabeth itu dengan bintang film Amerika Serikat dari drama televisi "Suits" di kapel abad ke-15 St George di istana Windsor.

Lebih dari 100 ribu penggemar diperkirakan menjejali jalan sempit di kota sekitar 30 kilometer barat London itu, yang didominasi kastil berpenghuni tertua dan terbesar di dunia, rumah bagi 39 raja Inggris sejak 1066.

"Aku suka semua yang berkaitan dengan kerajaan, semua keramaiannya, upacara, arak-arakan dengan kereta kuda," kata Jane Tofolo, 50, dari London barat daya, yang pernah berjabat tangan dengan Harry ketika dia mengadakan acara berjalan-jalan dadakan dengan saudaranya dan juga pendamping pengantin pria di luar kastil itu pada Jumat sore.

"Ini akan menjadi acara menakjubkan karena kita orang Inggris telah sangat paham menjalani semuanya," katanya.

Harry, 33, berada di urutan keenam ke tahta Inggris. Markle, 36, adalah seorang janda yang ibunya seorang keturunan Afrika-Amerika dan ayahnya berkulit putih.

Bagi banyak orang, pernikahan adalah dongeng. Untuk beberapa warga kulit hitam Inggris, hal tersebut menggambarkan berakhirnya hambatan di Inggris modern.

Bagi yang lain, hal tersebut tidak berkaitan dengan mereka. Jajak pendapat telah menyarankan bahwa sebagian besar warga Inggris tidak akan repot-repot menyetel televisinya untuk menonton acara tersebut.

Upacara yang akan berlangsung satu jam dimulai pada 18.00 WIB, dengan prakiraan cuaca cerah.

Pengantin wanita akan tiba di gereja bersama ibunya, Doria Ragland, 61, yang menghabiskan Jumat malam bersama dirinya di sebuah hotel mewah. Harry menginap di hotel lain dengan kakak laki-laki dan pendamping pengantin pria, Pangeran William, yang putri dan putranya, Charlotte dan George, akan berada di antara pengiring pengantin.

Ayah Harry dan pewaris takhta Pangeran Charles akan menemani calon menantu perempuannya di altar setelah ayah Markle tidak menghadiri pernikahan karena sakit.

Thomas Markle, 73, sutradara pencahayaan untuk opera sabun televisi dan komedi situasi, mengatakan kepada laman pesohor AS TMZ bahwa dia telah menjalani operasi jantung pada Rabu. Kebingungan atas kehadirannya merusak tradisi pernikahan, yang telah disusun dengan hati-hati selama berbulan-bulan oleh para penasihat kerajaan.

Pada Jumat, Ragland bertemu ratu berusia 92 tahun dan suaminya Pangeran Philip, 96, yang akan menjadi salah satu bangsawan senior di perkumpulan yang beranggotakan 600 orang, yang juga akan mencakup segelintir selebriti, termasuk rekan Markle sesama pemeran "Suit".

Pernikahan tersebut akan dipimpin Dekan Windsor bersama Justin Welby, Uskup Agung Canterbury, dan pemimpin kerohanian Gereja Anglikan, yang menjadi saksi janji pernikahan itu. Uskup kulit hitam AS, Michael Bruce Curry, akan memberikan amanat pernikahan.