BPJS Ketenagakerjaan bidik petani Sumbagsel jadi peserta

id bpjs ketenagakerjaan,bidik petani,peserta bpjs tk,petani,pekerja sektor infromal,deputi bpjs ketenagakerjaan,arief budiarto

BPJS Ketenagakerjaan bidik petani Sumbagsel jadi peserta

Deputi Direktur Wilayah Sumbagsel BPJS Ketenagakerjaan Arief Budiarto (ANTARA Neews Sumsel/Dolly Rosana/17/Ang)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan berupaya membidik petani di Wilayah Sumatera Bagian Selatan menjadi peserta program perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dengan menggunakan mekanisme asuransi sosial.

"Wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung sebagian masyarakatnya sebagai petani, potensi yang cukup besar itu akan dimanfaatkan secara baik untuk meningkatkan jumlah kepesertaan jaminan sosial terutama dari pekerja sektor informal," kata Deputi Direktur Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagsel, Arief Budiarto di Palembang, Selasa.

Ketika melakukan kunjungan ke Kantor Berita Antara Biro Sumatera Selatan, dia menjelaskan bahwa potensi pekerja di sektor informal tersebut cukup besar, namun hingga kini belum digarap secara maksimal.

Untuk menarik petani menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke sentra-sentra pertanian di daerah ini mengenai manfaat menjadi peserta jaminan sosial itu.

Selain petani, pihaknya juga berupaya menbidik pekerja di sektor informal lainnya yang berpotensi mendongkrak kepesertaan jaminan sosial seperti pengemudi angkutan umum konvensional dan nonkonvensional atau menggunakan aplikasi dalam jaringan (daring), serta pedagang kaki lima.

Pekerja di sektor informal itu diharapkan dapat menghubungi petugas BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan kawasan tempat tinggal masing-masing untuk menjadi peserta jaminan sosial.

Dengan memanfaatkan potensi pekerja di sektor informal yang cukup besar, diharapkan peningkatan jumlah peserta jaminan sosial di wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel pada 2018 ini sekitar 20 persen bisa tercapai, kata Arief.