Gubernur: Banyak masyarakat belum mengerti AIDS

id gubernur sumsel, alex noerdin, hiv/aids, hari aids se-dunia, sumsel percontohan pencehan hiv/aids

Gubernur: Banyak masyarakat belum mengerti AIDS

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (ANTARA Sumsel/Feny Selly/Ang/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, masih banyak masyarakat di daerah ini belum mengerti tentang penyakit HIV/AIDS padahal itu sangat berbahaya.

Oleh karena itu pihaknya akan memimpin langsung sosialisasi pencegahan penyakit HIV/AIDS di daerah ini, kata gubernur saat acara puncak peringatan hari AIDS se-Dunia di Palembang, Selasa.

Lebih lanjut dia mengatakan, bahkan di Kota Palembang serbagai ibu kota Sumsel saja masih banyak yang belum mengerti tentang bahaya  penyakit HIV/AIDS.

Ini terbukti saat dialog bersama masyarakat daerah ini tentang HIV/AIDS dan masih ada yang belum memahami, kata gubernur.

Apalagi di daerah terpelosok seperti kabupaten, kecamatan, desa-desa yang masih belum paham dan paling rentan terkena HIV/AIDS terutama peredaran obat-obatan, kata dia.

Oleh karena itu dengan menjadikan Sumsel daerah percontohan gerakan anti HIV/AIDS di Indonesia maka sosialisasi harus terus dimaksimalkan, kata dia.

Memang, lanjut dia, untuk menghindari penyakit tersebut maka perlu melakukan pola hidup dan pergaulan sehat.

Dia mengatakan, pergaulan bebas sangat rentan dan berbahaya sehingga itu harus dihindari.

Melalui peringatan hari AIDS se-Dunia ini diharapkan masyarakat semakin mengerti terhadap bahanya penyakit HIV/AIDS tersebut.

Gubernur juga mengatakan, Sumsel terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat yang di antaranya melalui program berobat gratis.

Selain itu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan menjalankan program sekolah gratis hingga perguruan tinggi, tambah gubernur.