Ribuan balita di OKU akan diimunisasi gratis

id balita, imunisasi, pekan iminisasi nasional, imunisasi poli

Ribuan balita di OKU akan diimunisasi gratis

Ilustrasi - Seorang ibu bersama anaknya mengikuti program Pekan Imunisasi Nasional (PIN). (ANTARA FOTO/Agus Bebeng)

Baturaja, Sumsel, (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 5.149 balita di Kecamatan Peninjauan, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, akan diimuniasasi secara gratis pada program Pekan Imunisasi Nasional 8-15 Maret 2016.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kecamatan Peninjauan, Hasanuddin menyampaikan hal itu saat ditanya mengenai pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional Polio di Baturaja, Rabu.

Menurut dia, jumlah balita yang akan diimunisasi pada program Pekan Imuniasasi Nasional (PIN) tersebut meliputi untuk Puskesmas wilayah Lubuk Rukam sebanyak 1.464 orang dan wilayah kerja Puskesmas Peninjauan berjumlah 3.685 anak.

Tujuan imuniasasi itu agar balita terhindar dari penyakit polio atau kelainan tulang, katanya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat guna menjelaskan pentingnya mengikuti pelaksanaan PIN agar balita sehat.

 Pemberian imunisasi pada balita sangat penting untuk mencegah dari berbagai penyakit berbahaya seperti polio atau kelainan tulang.

"Sasaran imunisasi nanti mulai dari bayi yang baru lahir sampai berumur 59 bulan," katanya.

Camat Peninjauan, Feri Iswan menambahkan, saat ini pihaknya gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna memberikan pemahaman akan pentingnya memberikan imunisasi kepada balita.

Ia menuturkan, di Kecamatan Peninjauan saat ini masih terdapat beberapa daerah pelosok sehingga sangat diperlukan adanya PIN bagi masyarakat terutama para ibu yang memiliki balita.

Dengan dilaksanakannya PIN pada 8-15 Maret mendatang, diharapkan akan dapat menjangkau lebih dari 95 persen balita di wilayah itu agar terbebas dari penyakit polio.

"Imunisasi wajib diberikan pada anak, jadi perlu diadakan pendekatan kepada masyarakat dalam pelaksanaan di lapangan nanti agar masyarakat mempunyai kesadaran pentingnya imunisasi polio," ujarnya.