Dinkes Tangerang: Penyakit polio bisa dicegah dengan imunisasi dasar

id penyakit polio,Imunasi anak, puskesmas, gratis

Dinkes Tangerang: Penyakit polio bisa dicegah dengan imunisasi dasar

Seorang anak sedang melakukan imunisasi penyakit polio di posyandu. ANTARA/HO-Dinkes Kota Tangerang

Tangerang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni mengatakan penyakit polio dapat dicegah dengan imunisasi dasar yang dapat dilaksanakan di 1.092 posyandu dan 39 puskesmas di daerah itu.

“Anak-anak yang belum pernah atau terlambat mendapatkan imunisasi polio, harus segera dilengkapi status imunisasinya. Lebih baik terlambat dari pada tidak mendapat imunisasi lengkap,” kata dr Dini di Tangerang, Jumat.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Tangerang memiliki sasaran 38.909 anak untuk imunisasi oral polio satu dan 39.422 anak untuk oral polio 2-4 serta IPV1 dan IPV2.

Terkait di sejumlah wilayah di Indonesia tengah terjadi KLB penyakit polio, ia menilai sosialisasi dan pendekatan pada masyarakat terkait imunisasi dasar lengkap lebih dimasifkan atau digencarkan.

Memaksimalkan program ini, pelayanan imunisasi dasar bisa didapatkan di puskesmas, posyandu, dan juga rumah sakit.

“Kita harus berupaya bersama, jangan sampai anak-anak di Kota Tangerang terkena virus polio dengan mengoptimalkan layanan di seluruh puskesmas dan posyandu yang ada. Ini diharapkan bisa mencegah anak-anak Kota Tangerang terkena penyakit lumpuh layu,” kata dia