Dokter imbau orang tua mengenali ciri diare pada anak

id Diare,Imunisasi rotavirus,Kesehatan anak,berita sumsel, berita palembang

Dokter imbau orang tua mengenali ciri diare pada anak

Tangkapan layar Dokter Spesialis Anak dr. Ramdhani Yassien dalam diskusi terkait imunisasi rotavirus yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (22/8/2023). (FOTO ANTARA/HO-Instagram-Kementerian Kesehatan)

Jakarta (ANTARA) - Praktisi kesehatan dokter spesialis anak dr. Ramdhani Yassien,  MMRS, Sp.A  mengimbau kepada para orang tua agar mengenali ciri-ciri diare pada anak dengan memperhatikan intensitas buang air, serta kotoran (feses) yang dikeluarkan saat buang air besar (BAB).

"Jika BAB lebih dari tiga kali dalam kurun waktu 24 jam, dengan kotoran yang lebih cair dan berlangsung kurang dari satu minggu itu sudah termasuk diare akut," katanya dalam diskusi terkait imunisasi rotavirus yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.
 
Selain itu, kata dia, orang tua juga perlu untuk mengenali gejala-gejala lainnya yang terjadi selama diare terjadi pada anak, seperti dehidrasi.
 
Pada prinsipnya, katanya, diare menyebabkan dehidrasi. Jika orang tua tidak mendapatkan obat yang cocok untuk anak, maka orang tua perlu memastikan agar cairan yang dikeluarkan oleh anak mendapatkan penggantinya agar tubuh tidak kekurangan air.
 
Ia mengemukakan diare terjadi dengan gejala yang lebih berat umumnya terjadi pada anak yang belum mendapatkan imunisasi rotavirus.